Berikut Doa Ziarah Kubur Jelang Bulan Ramadhan 1445 Hijriyah

JABAR EKSPRES – Momentum menjelang bulan suci ramadhan selalu diisi dengan kegiatan yang penuh makna bagi umat muslim indonesia, salah satunya adalah ziarah kubur. Berikut doa ziarah kubur yang mudah dan berarti banyak.

Tidak hanya sebagai bentuk doa untuk sanak saudara yang telah berpulang, tetapi juga sebagai momen introspeksi bagi yang masih hidup untuk selalu mengingat kematian sebagai bagian dari kehidupan.

Namun, terdapat sebuah rahasia dalam ziarah kubur yang sering terlupakan: doa-doa yang bisa dipanjatkan.

baca artikel lainnya : Tata Cara Mandi Wajib Jelang Puasa Ramadhan 2024 yang Dipraktikkan Rasulullah

Sebelum memulai ziarah kubur, penting bagi kita untuk memahami dan menghafal doa-doa yang seharusnya dibaca.

Salah satu doa yang kerap diucapkan adalah, “assalamu’alaikum dara qaumin mu’minin wa atakum ma tu adun ghadan mu ajjalun, wa inna insya-allahu bikum lahiqun.” doa ini menjadi awal yang tepat sebelum menyampaikan doa-doa lainnya.

Selanjutnya, anda bisa membaca doa yang bisa dipanjatkan ketika ziarah kubur, yaitu:

Allahummagfirlahu war hamhu wa ‘aafihii wa’fu anhu, wa akrim nuzuulahu wawassi madholahu, waghsilhu bii maa’i watssalji walbaradi, wa naqqihi, minaddzzunubi wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu minad danasi.

Wabdilhu daaran khairan min daarihi wa zaujan khairan min zaujihi. Wa adkhilhul jannata wa aldzhu min adzabil qabri wa min adzabinnaari wafsah lahu fi qabrihi wa nawwir lahu fihi.

“Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.

baca artikel lainnya : Tata Cara Sholat 5 Waktu Persiapan Ramadan 2024, Agar Ibadah Lebih Baik Tahun ini

Dengan mengucapkan doa-doa tersebut, kita tidak hanya mempersembahkan doa bagi yang telah meninggal, tetapi juga menemukan kedamaian dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Semoga dengan memahami dan mengamalkan doa-doa ini, ziarah kubur kita menjadi lebih berarti dan penuh berkah.

Demikian informasi terkait doa ziarah kubur menjelang Ramadhan yang bisa dibaca dan dihafalkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan