Ini Contoh Greenflation atau Inflasi Hijau, Pertanyaan Gibran ke Mahfud MD saat Debat Cawapres

JABAR EKSPRES – Seperti apa contoh greenflation atau inflasi hijau yang ditanyakan Gibran Rakabuming ke Mahfud MD? Pertanyaan yang muncul saat debat kedua cawapres di JCC Jakarta Pusat, Minggu, (22/1/2024).

Istilah ‘greenflation’ ini sempat membuat panas debat semalam, disinggung oleh Cawapres nomor 2, Gibran Rakabuming Raka.

Pertanyaan Gibran kepada Mahfud soal Greenflation

Gibran mengajukan pertanyaan singkat kepada Mahfud MD mengenai greenflation saat debat.

“Bagaimana cara mengatasi greenflation, terima kasih?” tanya Gibran kepada Mahfud MD dalam acara Debat Cawapres, Minggu (21/1).

Saat Mahfud MD hendak menjawab, moderator meminta Gibran untuk menjelaskan terlebih dahulu terminologi atau singkatan-singkatan tersebut.

“Ini tadi tidak saya jelaskan karena kan beliau seorang profesor, greenflation adalah inflasi hijau, sesimple itu,” terang Gibran.

BACA JUGA: Debat Cawapres ke-4, Gibran Janji Anggaran Desa Naik

Contoh Greenflation

Seusai mendengar jawaban Mahfud MD, rupanya Gibran terlihat agak tidak puas dengan jawaban tersebut.

Kemudian Gibran memberikan contoh greenflation dengan merujuk pada demo rompi kuning di Prancis yang menimbulkan bahaya dan memakan korban.

Dalam konteks ini, penting untuk mengantisipasi agar situasi serupa tidak terjadi di Indonesia. Pembelajaran dari negara maju menunjukkan bahwa transisi menuju energi hijau memerlukan kehati-hatian ekstra, menghindari risiko memberikan biaya tinggi pada riset dan pengembangan (R&D) serta proses transisi yang mahal.

Dilansir JabarEkspres.com dari laman Antara, istilah ‘greenflation’ merujuk pada inflasi yang terjadi karena kenaikan harga beberapa komoditas yang terkait dengan kebijakan transisi menuju energi hijau atau rendah emisi.

Sebagai contoh, kenaikan harga litium karena tingginya permintaan untuk produksi baterai kendaraan listrik.

Ahli lingkungan dan ekonomi ekologis menekankan perlunya kebijakan moneter yang seimbang untuk mencegah inflasi akibat transisi energi hijau.

Debat Cawapres malam ini mengangkat isu-isu penting seperti pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

BACA JUGA: Saling Serang Soal Food Estate di Debat Cawapres Keempat, Mahfud MD: Yang Bener Aja!

Debat Pilpres ke-5 nanti pada 4 Februari 2024 akan menyoroti gagasan Capres nomor 1 Anies Baswedan, nomor 2 Prabowo Subianto, dan nomor 3 Ganjar Pranowo seputar teknologi informasi, pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (masyarakat pasca-COVID), dan ketenagakerjaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan