Cara Pakai BPJS ke Psikolog atau Psikiater Untuk Cegah Tingginya Aksi Bundir

JABAR EKSPRES – Cara pakai BPJS ke psikolog atau psikiater banyak dicari saat ini, pasalnya banyak orang yang mengalami depresi dan ingin mengobatinya, namun terkendala biaya konsultasi.

Bahkan saat ini, ada taggar Psikolog mahal yang sedang trending di X, menjadi bukti bahwa banyak yang ingin melakukan konsultasi namun takut dengan biayanya yang mahal.

Padahal pemerintah sudah memberikan kebijakan bahwa BPJS bisa digunakan untuk konsultasi ke psikolog atau psikiater. Hanya saja masih banyak yang belum tahu caranya.

Depresi disebut sebagai salah satu penyebab banyak orang memilih mengakhiri hidupnya saat menghadapi masalah. Padahal depresi masih bisa disembuhkan dengan megikuti petunjuk dokter kejiwaan atau psikolog dan psikiater.

Baca juga : BPJS Kesehatan Tanamkan Budaya Anti Korupsi dan Anti Gratifikasi dalam Program JKN

Namun banyak yang tidak tahu cara mengakses layanan tersebut sehingga tidak bisa menyelesaikan masalahnya. Akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena sudah buntu.

Hal ini disebabkan banyak yang takut menjalani pengobatan ke psikolog atau psikiater karena masalah biaya. Bagi yang memiliki BPJS, bisa menggunakan fasilitas layanan psikolog maupun psikiater dengan memanfaatkannya.

Karena BPJS Kesehatan saat ini mampu memberikan perlindungan kesehatan di beberapa bidang. Termasuk untuk kunjungan ke psikiater.

Hal ini sesuai dengan kebijakan BPJS Kesehatan dimana konseling merupakan salah satu jaminan kesehatan Nasional-KIS.

Dilansir dari situs resmi BPJS Kesehatan, untuk mendapatkan konseling dari psikiater dengan BPJS Kesehatan, bisa dilakukan dengan mengikuti alur yang telah ditentukan.

Salah satunya adalah Anda telah mengikuti aturan yang berlaku untuk ke psikiater dengan BPJS Kesehatan dan juga telah melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Konseling BPJS bisa didapat secara gratis dengan adanya surat rujukan. Berikut Cara menggunakan BPJS ke PSikiater:

1. Mencari Tahu Poli Jiwa yang Bisa Menerima BPJS Kesehatan.

Cari tahu dimana ada poli jiwa yang bisa menerima BPJS Kesehatan. Untuk bisa mengunjungi poli jiwa secara mudah, harus memastikan Faskes 1 BPJS Kesehatan Anda memiliki poli jiwa.

Saat ini sudah banyak puskemas yang memiliki poli jiwa. Jika Faskes 1 memiliki poli jiwa, bisa langsung mengunjungi puskesmas Faskes 1 untuk melakukan konseling ke psikiater.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan