BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Beri Layana BPJS Keliling ke Desa dan Puskesmas

JABAR EKSPRES – BPJS Kesehatan Cabang Cimahi mengunjungi Kantor Desa Tanimulya untuk membuka layanan BPJS Keliling. Layanan itu sebagai upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses administrasi kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Cecep Heri Suhendar menyampaikan sebagai komitmen memberikan kemudahan akses layanan kepada peserta JKN, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cimahi melaksanakan layanan BPJS Keliling agar dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memperoleh layanan administrasi kepesertaan.

”Masyarakat dapat datang langsung ke layanan BPJS Keliling yang kami sediakan untuk memperoleh layanan administrasi seperti pendaftaran peserta baru, perubahan data atau kelas, permohonan informasi dan penyampaian keluhan maupun mengurus administrasi lainnya melalui kanal layanan ini,” ucap Cecep, Kamis (14/12).

Menurutnya, melalui kegiatan BPJS Keliling, pihaknya turut memberikan informasi mengenai inovasi dalam layanan administrasi, yaitu berupa pemanfaatan KTP sebagai identitas kepesertaan Program JKN.

”Sekarang untuk peserta yang sakit dan ingin mengakses layanan di fasilitas kesehatan, baik itu layanan di FKTP atau di rumah sakit, cukup dengan menunjukkan NIK pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja. Tidak perlu harus ada kartu fisik BPJS Kesehatan ataupun fotokopi kartu JKN,” ujar Cecep.

Cecep menjelaskan, kegiatan BPJS Keliling dilakukan sebagai metode yang menjadi salah satu bentuk kolaborasi BPJS Kesehatan dengan berbagai elemen stakeholder di wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi.

”Langkah ini bertujuan untuk memberikan pelayanan administrasi kepesertaan kepada masyarakat yang tidak bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat,” tandasnya.

Sementara itu, Kades Tanimulya, Lili Suhaeli menyambut antusias program BPJS Keliling tersebut. Pasalnya, BPJS Keliling memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan administrasi kepesertaan JKN.

Tak hanya itu, layanan BPJS Keliling juga memberikan wawasan lebih kepada warga terhadap pelaksanaan Program JKN. Sehingga dapat menjadi solusi bagi warga yang ingin mengurus administrasi.

”Saya kira program BPJS Keliling ini bagus sekali, karena masih banyak warga yang belum memahami program JKN, dengan adanya layanan seperti ini masyarakat bisa lebih paham dengan program JKN. Masyarakat bisa cek data kepesertaanya apakah aktif atau sudah tidak aktif, jadi masyarakat bisa mengurus kepesertaan JKN nya sebelum sakit,” ujar Lili.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan