Daftar 17 Idol KPop yang Diduga Promosikan Produk Pro-Israel di Media Sosialnya

JABAR EKSPRES – Dunia per-KPopan sedang tidak baik-baik saja, demikian tulisan banyak netizen disejumlah media sosial, banyak pengemar KPop yang sedang ramai-ramai unfollow idolanya di media sosial. Hal ini terkait adanya promosi yang dilakukan beberapa idol KPop terhadap produk pro-Israel.

Banyak netizen Indonesia yang merasa kecewa lantaran idolanya tidak sepemahaman dengannya. Padahal isu genosida yang terjadi di Palestina sedang panas-panasnya.

Sementara para Idol KPop ini malah secara terbuka menunjukkan keberpihakannya, dengan mengonsumsi atau memamerkan merek-merek produk yang Pro Israel di media sosialnya.

Baca juga : “Idol KPOP Tidak Memiliki Waktu”, Karina aespa: Bohong!

Akibatnya ada semacam gerakan dari para penggemarnya yang mulai mengajak untuk tidak lagi menggemari sang idola, bahkan hingga berhenti mengikuti akun sosial medianya, atau disebut dengan unfollow.

Salah satu Idol yang terkena dampaknya adalah Do Young NCT, Sebelum mempromosikan produk MCD, Do Young NCT diketahui memiliki pengikut di akun Instagramnya sebanyak 12,3 juta follower.

Namun saat dilihat hari ini, Rabu 27 Desember 2023 siang, jumlahnya sudah turun menjadi 11,9 Juta, berarti jumlah follower Do Young menurun hingga 400 ribu follower.

Bukan hanya Do Young yang mengalami hal tersebut, beberapa Idol juga diketahui banyak kehilangan penggemarnya, khususnya pengemar dari Indonesia.

Salah satunya Jeon So Mi, dimana dua akun fanbasenya memilih untuk tutup akun, yakni akun @staysomi yang memiliki 64 ribu follower ada sejak 2017 dan akun @somisyle yang punya 18 ribu follower yang sudah ada sejak tahun 2000. Kedua akun tersebut memilihtutup akun dan berhenti menajdi penggemarnya.

Berikut daftar beberapa Idol KPop yang diketahui melakukan soft selling atau promosi produk pro-Israel di media sosial.

1. Choi Si Won SUper Junior
2. Jeon So Mi
3. Semua member aespa
4. Ji Soo BLACKPINK
5. Gaeul IVE
6. Hoshi Seventeen
7. Yu Jin dan Bahiyyih Kep1er
8. Hyun Jae the Boyz
9. Won Young IVE
10 Jung Yong hwa CNBlue
11. Do Young NCT
12. Xiaoting Kep1er
13. Wonwoo, Joshua, The 8 dan Mingyu Seventeen
14. Hong Joong Ateez
15. Ok Taecyeon 2PM
16. Chansung 2PM
17. Gyuvin Zerobaseone

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan