Libur Nataru, PHRI KBB Optimis Okupansi Hotel di Kawasan Lembang Naik 15 Persen

JABAR EKSPRES –  Ketua BPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), KBB, Eko Suprianto optimistis tingkat hunian hotel di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) meningkat 15 persen pada momen Natal dan Tahun Baru 2024.

Eko menjelaskan okupansi hotel akan meningkat seiring naiknya intensitas kunjungan wisata ke kawasan wisata di Lembang.

“Jika dibandingkan tahun lalu. Tahun ini diprediksi meningkat 15 persen, apalagi anak-anak sekolah saat ini sudah libur,” kata Eko kepada wartawan, Jumat (22/12/2023).

BACA JUGA: Antisipasi Laka Lantas Selama Musim Nataru, Polisi akan Awasi Kendaraan Umum yang Tidak layak Jalan

Menurutnya, optimistis kenaikan tingkat kunjungan wisatawan karena tahun ini tidak ada lagi ancaman Covid-19. Sehingga tidak ada pembatasan aktivitas masyarakat.

“Belum lagi akses yang mudah bagi wisatawan dari Jabodetabek yang ingin datang ke Bandung atau Lembang saat ini semakin mudah,” katanya.

Eko menyebutkan, berdasarkan data tahun lalu okupansi hotel di libur akhir tahun sekitar 68,6%. Melihat tren kunjungan wisatawan yang lumayan meningkat, pihaknya berharap ada kenaikan antara 15-20 persen.

“Harapannya tahun ini okupansi hotel saat libur Nataru bisa naik diangka 78-8o persen,” sebutnya.

Sementara itu Marketing Narima Hotel Lembang, Ayu menyebutkan, untuk pemesanan kamar yang sudah fix sekitar 50 persen. Bookingan itu kebanyakan untuk libur di pengujung tahun tanggal 30 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024. Sementara untuk pemesanan kamar di libur Natal sejauh ini belum terlalu banyak.

“Yang sudah booking kamar paling banyak di akhir tahun, kebanyakan mereka wisatawan dari Jakarta yang liburan bareng keluarganya,” ucapnya.

Dirinya berharap hingga pertengahan pekan depan angka pesanan kamar bisa full terisi. Seperti yang terjadi di tahun 2022 dimana saat itu menjadi momen puncak kunjungan wisatawan setelah sebelumnya terhambat karena pandemi COVID-19.

“Setelah COVID-19 kunjungan wisatawan mulai pulih dan ada kenaikan di 2021, lalu meledak di 2022. Jadi harapannya tahun ini pun sama bisa full book, 65 kamar di sini bisa terisi,” ucapnya seraya menyebutkan di malam Tahun Baru pihak hotel akan menyajikan hiburan barbeque dan kembang api bagi tamu yang menginap. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan