Peringati Hari Wibu Sedunia 15 Desember, Ini Sejarah dan Cara Mengucapkannya Dalam Bahasa Jepang

JABAR EKSPRES – Tanggal 15 Desember, diperingati oleh para Wibu atau penggemar budaya jepang sebagai Hari Wibu Sedunia atau World Otaku Day.

Seluruh komunitas Wibu akan merayakan hari ini, 15 Desember dengan saling mengucapkan dan melakukan berbagai kegiatan bersama.

Banyak juga yang berkolaborasi dengan melakukan aktifitas yang berkaitan dengan dunia Wibu. Seperti membuat acara Cosplay, nonton anime bersama, membaca manga bersama, diskusi tentang anime atau manga terbaru atau chapter terbarunya dan berbagai kegiatan lain.

Sejarah awal mula 15 Desember diperingati sebagai Hari Wibu Sedunia atau World Otaku Day, memang tidak begitu jelas.

Baca juga : Wibu Adalah? Pengertian dan Ciri-cirinya

Namun ada sumber yang menyebutkan bahwa, penentuan tanggal 15 Desember menjadi Hari Wibu Sedunia, terkait dengan majalah yang diterbitkan oleh seorang penulis asal Jepang bernama Akio Nakamori yang terbit pada 15 Desember.

Akio Nakamori dikenal pembuat cerita dengan subjek manga dan anime. Pada tahun 1983, Akio menggunakan kata “Otaku” di Manga Burikko Magazine. Otaku adalah istilah yang merujuk kepada seseorang yang menekuni sebuah hobi secara obsesif.

Dan dimulai pada tahun 2012 sudah mulai banyak yang membuat ucapan-ucapan “Selamat Hari Otaku Sedunia” pada 15 Desember. Dan tujuan merayakannya sebagai bentuk memberikan penghormatan pada budaya pop Jepang, salah satunya manga dan anime.

Hal ini juga menandakan bahwa budaya pop Jepang, seperti anime dan wibu, sudah diterima dengan baik oleh orang-orang di dunia.

Hingga kini setiap tanggal 15 Desember, mulai banyak yang merayakan hari Wibu dengan mengunggahnya di platform media sosial.

Baca juga : Arti dari Waifu yang sering Diucapkan Oleh Wibu

Cara Mengucap Selamat Hari Wibu Sedunia

Untuk mengucapkan selamat pada perayaan hari Wibu Sedunia, banyak yang memilih untuk menggunakan bahasa Jepang.

Bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara mengucapkannya atau menuliskannya bisa mencontoh dibawah ini:

世界オタクの日おめでとう。atau Sekai otaku no hi omedetō.

ハッピーワールドオタクデー atau Happīwārudootakudē.

Happy World Otaku Day.

Itulah beberapa ucapan Selamat Hari Wibu atau Otaku Sedunia dalam bahasa Jepang yang bisa kamu gunakan sebagai caption untuk foto yang kamu unggah di media sosial.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan