Pendaftaran Kartu Prakerja 2024 Bakal Dibuka? Ini Info Gelombang Terbaru

JABAR EKSPRES – Apakah Kartu Prakerja masih ada di tahun 2024 nanti? Simak infonya berikut ini.

Kementerian Ketenagakerjaan RI menyatakan bahwa Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan bagi pencari kerja, pekerja/buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja, dan/atau mereka yang memerlukan peningkatan kompetensi.

Tujuan utama dari Program Kartu Prakerja adalah untuk meningkatkan keterampilan angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing mereka, serta merangsang pengembangan kewirausahaan.

Pada tahun 2023, terjadi perubahan signifikan dalam Prakerja dengan mengembalikan program ke skema normal.

Selain itu, diperkenalkan opsi pelatihan luring sebagai tambahan dari pelatihan daring yang sudah ada sebelumnya.

Berdasarkan informasi yang diambil dari akun Instagram resmi @prakerja.go.id, setelah tiga tahun beroperasi sebagai program pelatihan dan bantuan sosial, Prakerja kembali ke “skema normal” untuk lebih memfokuskan diri sebagai program pembangunan keterampilan.

Kapan Kartu Prakerja 2024 Dibuka?

Gelombang seleksi selanjutnya direncanakan akan tetap berlangsung pada tahun 2024.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam pernyataannya yang dikutip dari Instagram @prakerja.go.id, program ini dianggarkan untuk tahun 2024 sebagai bagian dari upaya menyelaraskan antara pendidikan dan reskilling.

Informasi resmi terkait waktu pembukaan pendaftaran Prakerja gelombang selanjutnya di tahun 2024 akan diumumkan pada awal tahun melalui media dan akun media sosial resmi Prakerja.

BACA JUGA: Kapan Kartu Prakerja Gelombang 63 Dibuka? Ini Informasi Lengkapnya

Bagi yang belum memiliki akun Prakerja, disarankan untuk membuat akun secara mandiri karena tanpa biaya apapun melalui situs web www.prakerja.go.id.

Saat gelombang seleksi dibuka kembali, Anda dapat langsung mengklik “Gabung Gelombang.”

Keuntungan memiliki akun Prakerja antara lain dapat bergabung dalam gelombang seleksi Prakerja (bagi yang memenuhi persyaratan), berpartisipasi dalam #IndonesiaSkillsWeek yang menyediakan pelatihan gratis dan berbiaya rendah untuk umum tanpa batasan profesi atau status pendidikan tertentu.

BACA JUGA: Program Kartu Prakerja Gelombang 63: Berikut Adalah Proses Pendaftaran, Jadwal, dan Besaran Dana

Selain itu, pemilik akun Prakerja juga dapat mengikuti pelatihan gratis #TalentaAIIndonesia yang merupakan hasil kolaborasi Prakerja dengan @microsoft, dan berkesempatan meraih beasiswa Sertifikasi Microsoft.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan