10 Bisnis Sampingan Tanpa Modal Untuk Mahasiswa

JABAR EKSPRES – Memiliki bisnis sampingan yang tidak membutuhkan banyak modal merupakan impian banyak orang. Bagi kamu mahasiswa yang amsih aktif kuliah, kamu bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan menekuni bisnis sampingan.

Banyak mahasiswa yang sudah mulai merintis bisnis diantara kesibukannya di kampus. Hal ini selain untuk menambah penghasilan juga untuk melatih jiwa entrepreneurnya.

Sehingga saat nanti waktunya benar-benar terjun ke masyarakat sudah memiliki kemampuan berbisnis dan tidak bingung lagi harus melakukan apa.

Baca juga : 5 Ide Bisnis Sampingan Dengan Keuntungan Besar, Siap-siap Kaya di Tahun 2023

Keuntungan lain memiliki bisnis sampingan saat menjadi mahasiswa, kamu juga bisa menjadi lebih mandiri dan tidak selalu tergantung pada orang tua untuk masalah finansial.

Namun yang namanya bisnis, tentu akan menemui berbagai kendala sebagai ujiannya, hal ini sekaligus akan melatih mental menjadi semakin kuat dalam berbisnis.

Juga akan menjadi bekal penting dalam menghadapi berbagai masalah lain dikemudian hari.

Berikut beberapa peluang bisnis tanpa modal yang cocok untuk mahasiswa.

1. Jasa Penulisan atau Editing

Jika Anda memiliki keterampilan menulis atau editing yang baik, Anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel, tugas, atau editing teks kepada teman-teman Anda.

2. Jasa Desain Grafis

Jika Anda mahir dalam desain grafis, Anda dapat menawarkan jasa desain poster, spanduk, atau konten media sosial kepada teman-teman dan organisasi kampus.

3. Pemasaran Digital

Pelajari pemasaran digital dan tawarkan layanan promosi media sosial atau manajemen iklan kepada bisnis lokal atau online.

4. Tutoring atau Kursus Online

Anda bisa memberikan kursus online atau layanan tutor dalam mata pelajaran yang Anda kuasai kepada rekan mahasiswa.

5. Jasa Perbaikan Elektronik

Jika Anda memiliki keterampilan dalam perbaikan komputer atau smartphone, Anda bisa menawarkan jasa perbaikan kepada teman-teman atau orang di sekitar kampus.

Baca juga : 15 Ide Bisnis Digital yang Sangat Menguntungkan di Tahun 2023, Wajib Kamu Coba!

6. Pengembangan Aplikasi atau Website

Jika Anda memiliki keterampilan pemrograman, Anda bisa bekerja pada proyek pengembangan aplikasi atau website untuk orang lain.

7. Jualan Barang Bekas

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan