Doa dan Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah, Agar Mendapat Ketenangan dan Selalu Dilindungi

JABAR EKSPRES – Waktu manusia tidur sesungguhnya adalah sebuah kematian kecil. Disebut demikian karena saat manusia tidur dia akan terkoneksi dengan alam semesta dan alam arwah. Karenanya sebelum tidur sebaiknya membaca doa dan dzikir yang sesuai dengan sunah Rosulullah.

Menurut Ibnu Qayyim Al-Jawzi, saat manusia tidur roh akan meninggalkan tubuh, tetapi tetap terikat dengan tubuh dalam bentuk keterikatan yang tidak diketahui hakikatnya. Hal ini dijelaskan dalam Alquran sebagai berikut:

Allah berfirman:

ٱللَّهُ يَتَوَفَّى ٱلْأَنفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَٱلَّتِى لَمْ تَمُتْ فِى مَنَامِهَا ۖ فَيُمْسِكُ ٱلَّتِى قَضَىٰ عَلَيْهَا ٱلْمَوْتَ وَيُرْسِلُ ٱلْأُخْرَىٰٓ إِلَىٰٓ أَجَلٍ مُّسَمًّى ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Arab-Latin: Allāhu yatawaffal-anfusa ḥīna mautihā wallatī lam tamut fī manāmihā, fa yumsikullatī qaḍā ‘alaihal-mauta wa yursilul-ukhrā ilā ajalim musammā, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn

Artinya : “Allah SWT memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya, maka dia tahanlah jiwa (orang) yang telah dia tetapkan kematiannya dan dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktunya ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demkian itu terdapat tanda-tanda kekuasaaan Allah SWT bagi kaum yang berpikir (QS. Az-Zumar, 39:42)

Baca juga : Hal yang Harus Kita Lakukan Sebelum Tidur Menurut Imam Al-Ghazali

Selain itu juga dijelaskan dalam sebuah hadits:

“Telah menceritakan kepada kami Qabisah, telah menceritakan kepada kami Suffyan, dari Abd Al-Malik, dari Rib’i bin Hirash, dari Hudhayfah bin Al-Yaman dia berkata: apabila Nabi SAW. Hendak tidur, beliau berdoa “dengan nama-mu aku mati dan aku hidup”, dan apabila bangun tidur, beliau berdoa “segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nya lah tempat kembali”.

Dari hadits tersebut kita tahu kebiasaan baik Rosulullah saat akan tidur sehingga kita wajib mengikutinya. Dengan begitu kita harus mulai menghafalkan doa dan dzikir sebelum tidur agar senantiasa dilindungi Allah, dan kembali dibangunkan keesokan hari.

Berikut doa dan dzikir yang bisa diamalkan sebelum tidur. agar tidurnya menjadi penuh berkah, mendapat ketenangan dan selamat dari gangguan.

1.Membaca Trikul

Mengumpulkan dua telapak tangan. Lalu ditiup dan dibacakan Trikul atau surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan