9 Metode Menghafal Alquran, Mana yang Paling Sesuai Denganmu

JABAR EKSPRES – Ingin menjadi penghafal alquran yang bisa cepat dan mudah dalam menghafal, kamu perlu mencari tahu mana metode menghafal Alquran yang paling cocok denganmu.

Yang paling utama saat ingin menjadi penghafal Alquran adalah tekad dan niat yang ikhlas karena Allah Ta’ala, bukan karena ingin menyombongkan diri atau terlihat lebih alim dari yang lain.

Ada banyak metode menghafal Al-Quran yang diterapkan diseluruh dunia, hal ini karena setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan.

Terlebih lagi, tidak setiap orang cocok dengan metode yang diterapkan dari seorang guru atau ustadz. Karenanya, meski dengan satu guru, metode yang dipakai oleh masing-masing calon penghafal Alquran bisa berbeda-beda.

Hal ini karena kemampuan setiap orang berbeda, juga sistem belajar yang nyaman bagi seseorang tidak selalu sama dengan orang lain.

Baca juga :  20 Doa yang Ada Dalam Al Quran, Dobel Pahala Sekali Membaca

Ada yang lebih nyaman menggunakan audio, ada juga yang lebih mudah dengan membaca, juga ada yang lebih cepat dengan cara mendengar dan memperhatikan.

Karenanya, kamu harus mencarai mana metode yang paling mudah bagimu untuk menghafal Al quran.

Berikut ada beberapa metode menghafal Alquran yang bisa kamu coba untuk mencari yang paling nyaman kamu gunakan.

1. Metode Tradisional di Halaqah

Metode ini melibatkan seorang guru atau seorang hafiz yang mengajar murid-muridnya secara langsung dalam kelompok kecil atau halaqah. Ini adalah metode tradisional yang telah digunakan selama berabad-abad.

2. Metode Talaqqi (Membaca Berulang-ulang)

Dalam metode ini, seorang murid akan membaca ayat atau bagian dari Al-Quran berulang-ulang kepada gurunya. Gurunya akan mendengarkan dengan cermat dan memberikan umpan balik. Ini membantu memastikan bahwa pelafalan dan tartil (cara membaca yang baik) benar.

3. Metode Mengulang Hafalan

Ini melibatkan membaca dan menghafal ayat-ayat dalam Al-Quran secara berulang-ulang. Murid akan terus menerus mengulang ayat-ayat yang telah dihafalnya dan menambahkan ayat-ayat baru seiring berjalannya waktu.

4. Metode Visualisasi

Dalam metode ini, murid menggabungkan visualisasi dengan membaca dan menghafal Al-Quran. Mereka mencoba membayangkan teks Al-Quran saat mereka membacanya untuk membantu memperkuat hafalan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan