Ganjar – Mahfud MD Berikan Komitmen Perkuat Keberadaan KPK

JABAREKSPRES –  Pasangan Capres dan Cawares Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bekomitmen akan melakukan pemberantasan korupsi dengan memperkuat posisi lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud  Tama S. Langkun mengatakan, komitmen in dilakukan untuk pembrantasan korupsi  jika menang dalam Pilpres 2024 nanti.

Selain KPK, keberadaan institusi Aparat Penegak Hukum (APH) juga akan dilakukan penguatan sehingga akan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik.

KPK perlu diperkuat untuk bisa menghadapi korupsi dengan skala besar. begitu juga kepolisian dan kejaksaan,” kata Tama kepada wartawan, Jumat (27/10).

Tama megatakan, keberadaan APH dan KPK harus mampu berkolaborasi dalam melakukan penegaan hukum seperti pada lembaga Kejaksaan dan kepolisian.

Dengan begitu, sinergi dalam penegakan hukum memberantas korupsi dapat dilakukan dengan menyeuruh, sampai ke tigkat bawah.

“Jadi tidak bisa ketiga lembaga ini sendirian memberantas korupsi,” ujarnya.

Tama menilai, sejauh ini kejaksaan dan kepolisian keberadaannya berada di tingkat daerah. Sehingga ketika perlu dilakukan harmonisasi untuk penguatan dalam bentukk koordinasi secara mnyeuruh.

“Maka dari itu fungsi koordinasi monitoring harmonisasi ini menjadi penting, dan akan ditekankan adalah kolaborasi penegak hukum dalam memberantas korupsi,” katanya.

Tama mengungkatkan, pasangan Capres  Ganjar – Mahfud MD menempatkan pemberantasan korupsi sebagai pondasi visi-misi  dalam Pipres 2024 nanti.

Selain pemberantasan korupsi peguatan digitalisasi dan pengeloaan anggaran yang transparan akan diwujudkan jika terpilih nanti.

‘ Jadi selain digitalisasi birokrasi dan ketersediaan anggara, ini yang membedakan dengan dua pasangan capres-cawapres lainnya.

Ganjar Mahfud juga ingin mempercepat dukungan teknologi dan informasi hubungan dan penguatan KPK bersama dengan Kejaksaan dan Polri,” ujarnya.

Ganjar dan Mahfud MD telah resmi mendaftar sebagai pasangan bakal capres-cawapres ke KPU. Mereka diusung oleh koalisi partai politik, PDIP, PPP, Perindo, Hanura. (**/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan