Materi Soal Seleksi Kompetensi PPPK JF Guru 2023 dan Nilai Ambang Batas PDF

JABAR EKSPRES – Simak materi soal yang ada dalam seleksi kompetensi PPPK JF guru 2023. Para pelamar Jabatan Fungsional Guru dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin menuju rangkaian Seleksi Kompetensi PPPK.

Dikutip dari Instagram @kemenpanrb, sekeksi kompetensi PPPK untuk JF guru 2023 ini terdapat seleksi kompetensi teknis, sosial kultural, manajerial dan juga wawancara.

Adapun untuk seleksi kompetensi teknis terdapat 90 soal, manajerial 25 soal, sosial kultural 20 soal dan wawancara sebanyak 10 soal. Sehingga totalnya terdapat 145 soal yang akan dikerjakan oleh pelamar.

PDF mekanisme seleksi PPPK JF guru 2023 lengkap dengan nilai ambang batasnya dapat diketahui melalui link ini bit.ly/nilaiambangbatasPPPKGuru2023.

Berikut rincian materi soal seleksi kompetensi PPPK JF guru 2023.

Materi Soal Seleksi Kompetensi PPPK JF Guru 2023

Mater yang dapat diketahui pelamar PPPK JF guru 2023 ini berdasarkan Keputusan Menteri PAN RB No. 649/ 2023 tentang Mekanisme Seleksi PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah TA 2023:

1. Kompetensi Teknis

Penilaian meliputi penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

BACA JUGA: 5 Link PDF Materi Bela Negara TWK CPNS 2023: Contoh Sikap hingga Dasar Hukum

2. Kompetensi Sosial Kultural

Penilaian meliputi pengetahuan dan sikap terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat yang majemuk, yang harus dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan jabatan, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa yang memiliki:

  • Kepekaan terhadap keberagaman
  • Kemampuan berhubungan sosial
  • Kepekaan terhadap pentingnya persatuan
  • Empati

BACA JUGA: Link Pengumuman Seleksi Administrasi PPPK BKKBN 2023, Cek Infonya!

3. Kompetensi Manajerial

Penilaian meliputi komitmen, kemampua, dan perilaku individu dalam berorganisasi yang dapat diamati dan diukur meliputi kompetensi: integritas, kerja sama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, dan pengambilan keputusan.

4. Wawancara

Menggali informasi non kognitif untuk menilai integritas dan moralitas meliputi beberapa aspek yaitu kejujuran, komitmen, keadilan, etika dan kepatuhan.

Itulah berbagai materi soal seleksi kompetensi PPPK guru 2023 yang dapat diketahui.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan