Prestasi SMKN 3 Cimahi, Kombinasi Keunggulan Jurusan dan Pembinaan Karakter Siswa

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Prestasi siswa merupakan hasil implementasi ilmu yang diberikan oleh guru di sekolah. Dengan prestasi, siswa dapat lebih mengembangkan karakter dirinya baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Prestasi siswa di SMKN 3 Cimahi membuktikan bahwa siswa-siswinya memiliki motivasi lebih tinggi dalam menuntut ilmu di sekolah. Program kurikulum merdeka, P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) merupakan salah satu bentuk membangun karakter siswa dengan mengimplementasikan kegiatan-kegiatan sesuai dengan akademik yang diajarkan.

Menurut Waka Hubinmas SMKN 3 Cimahi, Ade Sudrajat mengatakan, setiap jurusan memiliki keunggulan masing-masing. Keunggulan tersebut yang membuat siswa dan siswinya mudah diterima di beberapa industri atau instansi terkait.

“Keunggulan SMKN 3, yang pertama kita itu SMK Negeri Pariwisata satu-satunya di Cimahi. Yang paling tua itu jurusan Tata Boga. Kemudian yang kedua jurusan Perhotelan, jurusan Perhotelan dan Tata Boga kita satu-satunya di Cimahi yang Negeri. Bahkan yang Tata Boga itu se-Cimahi hanya di SMKN 3 aja. Swasta tidak ada. Jadi memang animo-nya sangat tinggi bahkan lulusannya pun Alhamdulillah bagus-bagus. Banyak yang diterima kerja di hotel ataupun kafe,” jelas Ade pada Jabar Ekspres, Rabu (25/10).

BACA JUGA: SMAN 1 Sukaraja Terima Bantuan Senilai 25 Juta untuk Renovasi Masjid Kholid Ibnu Walid dari PT Pegadaian Kanwil X Jabar

Jurusan Tata Busana kini mencakup aspek desain serta produksi. Keunikan program lulusan ini terletak pada dua jalur, baik swasta maupun negeri. Menariknya, program ini hanya diikuti oleh siswa yang memiliki minat mendalami dunia Busana. Banyak dari mereka tidak hanya berkarir, melainkan juga banyak yang menjalankan usaha mandiri seperti membuka butik dan berbagai kegiatan lainnya.

“Keunikan lulusan Tata Busana terletak pada keberagaman antara sekolah swasta dan negeri. Yang menjadikannya istimewa adalah hanya orang-orang yang benar-benar memiliki minat dalam busana yang terlibat, dan sebagian besar dari mereka tidak hanya bekerja di industri ini, tetapi juga banyak yang menjadi wirausaha dengan membuka butik dan usaha sejenis” terangnya.

Ade menerangkan, lulusan dari jurusan perkantoran umumnya meniti karir di berbagai sektor, termasuk kantor, pabrik, dan bidang administrasi. Khususnya dalam studi program seperti manajemen perkantoran, penekanannya saat ini lebih pada administrasi online, mencakup pengelolaan media sosial.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan