Warga Bandung Barat Antusias Ikuti Latihan Menjahit Gelaran Relawan Ganjar Sejati, Peserta Ingin Cepat Bekerja di Pabrik

BANDUNG BARATWarga Kabupaten Bandung Barat tampak antusias mengikuti pelatihan menjahit yang digelar Relawan Ganjar Sejati di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin 9 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut mendapatkan respons positif dari warga karena membantu mereka untuk mendapatkan pekerjaan di pabrik atau membuat bisnis jasa menjahit hingga memproduksi pakaian dan sebagainya.

“Positif sekali karena bisa dimanfaatkan masyarakat untuk bekerja di pabrik atau di mana saja. Paling gampang (diterima bekerja) itu menjahit, di (pabrik) konveksi itu gampang sekali orang bisa masuk kerja,” kata pelatih menjahit, Enu Suherman.

Selain itu, dia mengatakan kemampuan menjahit bisa digunakan untuk memproduksi berbagai barang bernilai ekonomis tinggi tergantung kualitas dan model yang mengikuti trend terbaru.

Para peserta yang berasal dari kalangan ibu-ibu dan perempuan muda itu juga diarahkan untuk membuat produk untuk dijual atau membuka jasa memproduksi barang sesuai pesanan konsumen.

“Banyak (produk yang bisa diolah, seperti) tas, pakaian atau konveksi atau bahkan karpet. Bisa saja (dibuat) semuanya. Kalau keluar mau (buka) orderan, bisa. Mau bikin (produk) sendiri, bisa,” kata Enu menyebutkan.

Pelatih yang telah menggeluti profesi penjahit selama sekitar 30 tahun itu pun rela memberikan seluruh pengetahuannya dalam menjahit kepada para peserta mulai dari tahap membuat pola sampai jadi.

Para peserta pun merasakan langsung manfaat dari pelatihan kali ini sehingga mereka terlihat antusias mengikuti seluruh materi yang disampaikan pemateri dari kalangan penjahit profesional.

“Tanggapannya positif, bermanfaat bagi rakyat sekitar dan masyarakat yang ada di sini. Soalnya, berguna untuk sehari-hari seperti saya sebagai ibu rumah tangga untuk mendapat pendapatan bagi yang di rumah,” kata salah seorang peserta, Ririn Putri.

Sementara itu, para sukarelawan Ganjar Sejati juga turut menyosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024-2029 yang berkomitmen untuk mengembangkan sumber daya manusia bangsa Indonesia.

Ganjar diketahui telah mengadakan berbagai program pelatihan selama menjabat Gubernur Jawa Tengah dan berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Jawa Tengah saat ini.

“(Rencananya mau) buka usaha menjahit. (Materi yang disampaikan tadi) sudah-susah gampang. Harapannya, semoga menjadi Presiden yang merakyat, berguna bagi masyarakatnya,” ujar Ririn. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan