Rasyid Rajasa Berbagi Tips Sukses untuk Muda-Mudi Dalam Membangun Bisnis

BANDUNG – Rasyid Rajasa kembali melakukan silaturahmi dengan warga-warga di Kota Bandung, Jawa Barat.

Ahad 8 Oktober 2023 pagi, ia berkesempatan mengunjungi warga RW 004 Cijerah, Bandung Kulon. Di sini, Rasyid Rajasa memberikan spill kunci suksesnya ke muda-mudi dalam membangun bisnis.

Rasyid mengatakan, jika pemuda-pemudi di Cijerah ingin sukses dalam merintis usaha, kuncinya adalah membangun relasi atau networking.

“Pemuda kalau mau sukses merintis usaha, kuncinya harus mulai membangun relasi atau networking. Baik relasi sebagai customer maupun partner,” ungkap caleg DPR RI dari PAN ini menjawab pertanyaan salah satu warga.

Rasyid menjelaskan, terkadang anak muda terlalu rumit dalam memikirkan atau mencari relasi maupun koneksi untuk bisnis mereka. Padahal, kata Rasyid Rajasa, membangun relasi tidak harus dibuat sulit dan rumit.

“Saya pernah mengalami masa-masa sulit saya mencari relasi atau networking ketika baru-baru terjun ke dunia wirausaha. Susah payah ke sana-ke sini mencari relasi, ternyata yang paling mudah mendapatkannya itu dari lingkungan terdekat. Relasi itu ternyata teman sekolah saya, tetangga saya, teman kuliah saya,” paparnya.

Diakui Rasyid Rajasa, kunci sukses itu didapatnya dari salah satu mentornya. Sang mentor menyarankan agar Rasyid harus rajin bersilaturrahmi, karena itu salah satu modal yang penting dalam berwirausaha.

“Jadi saat itu saya dikasih petuah oleh salah satu mentor saya. Dia bilang, Rasyid kamu kalau pulang ngantor jangan langsung pulang. Kamu harus biasain silaturrahmi dengan kerabat-kerabat kamu dan ngobrolin bisnis kamu,” kata Rasyid, menceritakan pesan yang disampaikan mentornya.

Rasyid Rajasa berharap, muda-mudi Cijerah yang ingin membangun usaha bisa mengikuti langkahnya itu.

“Itu saya lakukan sampai sekarang. Nah temen-temen harus coba juga melakukan hal itu. Mungkin aja relasi itu juga akan datang dari teman sekolah, tetangga, kenalan diluar, teman kuliah dan lainnya,” tandasnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan