Menhan Amerika Serikat Kirim Kapal dan Pesawat Militer Dekat Israel

JABAR EKSPRES- Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin, mengumumkan bahwa AS akan mengirim lebih banyak kapal dan pesawat militer mendekati Israel sebagai ekspresi dukungan mereka. Washington memiliki keyakinan bahwa serangan yang mematikan oleh Hamas mungkin dimotivasi oleh keinginan untuk mengganggu potensi normalisasi hubungan antara Israel dan Arab Saudi.

Pejuang dari Hamas melakukan serangan di berbagai kota di Israel dalam apa yang menjadi hari paling berdarah dalam beberapa dekade pada hari Sabtu. Israel menjalankan serangan udara di Gaza pada hari Minggu, yang menyebabkan kematian ratusan orang di kedua belah pihak. Eskalasi kekerasan ini mengancam untuk memicu konflik besar di Timur Tengah.

Sebuah memo dari pihak Amerika Serikat mengungkapkan bahwa setidaknya tiga warga Amerika termasuk di antara korban tewas.

Austin mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa ia telah memerintahkan pemindahan Kelompok Serangan Kapal Induk USS Gerald R. Ford ke wilayah Mediterania Timur yang lebih dekat dengan Israel. Kelompok ini terdiri dari sebuah kapal induk, sebuah kapal penjelajah berpeluru kendali, dan empat kapal perusak berpeluru kendali.

Baca juga: Presiden Ukraina Kecam Serangan Roket Hamas, Desak Dunia untuk Mendukung Israel

Baca juga: Ratusan Masyarakat Sipil Israel Tewas dalam Serangan Roket Hamas, PM Netanyahu Langsung Deklarasikan Perang!

Selain itu, Austin juga menyampaikan bahwa Amerika Serikat akan menambah skuadron pesawat tempur F-35, F-15, F-16, dan A-10 dari Angkatan Udara AS di wilayah tersebut. AS juga akan memberikan amunisi kepada Israel sebagai bentuk dukungan.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, telah berkomunikasi dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan menginformasikannya bahwa bantuan tambahan untuk Pasukan Pertahanan Israel sedang dalam perjalanan ke Israel, dengan lebih banyak bantuan diharapkan dalam beberapa hari mendatang. Wakil Presiden AS, Kamala Harris, juga telah berbicara dengan Presiden Israel, Isaac Herzog.

Dalam pernyataan selanjutnya, Pentagon mengonfirmasi bahwa Lloyd Austin telah berbicara dengan Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, untuk memberikan informasi terbaru mengenai respons AS dan mengekspresikan dukungan mereka terhadap rakyat Israel, serta menerima informasi terkini mengenai operasi Israel untuk mengembalikan keamanan dan keselamatan dari serangan teroris Hamas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan