Bulog Bandung Tegaskan Penyaluran Beras SPHP ke Pasar Masih Berjalan

JABAR EKSPRES – Penyaluran beras bantuan bernama stabilisasi pasokan dan harga pasar (SPHP) ke pasar tradisional, diklaim masih berlangsung hingga saat ini di Kota Bandung. Hanya saja belum semua pasar mendapatkan stok tersebut.

Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Kota Bandung, Erwin Budana menegaskan, penyaluran beras SPHP sudah dilakukan pada sejumlah pasar tradisional. Terutama toko beras yang sudah termasuk dalam catatan penerima.

“Kalau yang belum terdaftar. Tentu harus kami daftarkan terlebih dahulu tokonya. Pasti kami layani, namun tentu jumlahnya kami sesuaikan dengan kebutuhan dan kepasitas toko,” tegas Erwin kepada Jabarekspres saat dihubungi, Jumat (29/9).

BACA JUGA: Bulog Bandung Klaim Beras SPHP Sudah Disalurkan Sejak Awal Tahun

“(Jadi, red) masih berjalan dan akan terus berjalan secara palarel dengan penyaluran bantuan pangan. Kalau yang baru harus diajukan. Harus diajukan (untuk mendapat stok beras),” tambahnya.

Penyaluran beras yang terbaru, kata Erwin, yakni Pasar Sederhana dan pasar yang masuk dalam pencatatan data BPS. Pasar lain di luar itu, pihaknya masih menunggu rekomendasi dari Disdagin dan DKPP kota/kabupaten.

“Nah terkait yang belum dapat, insyaallah kemarin sudah ada kebijakan dari pusat. Bahwa untuk memiliki verifikasi terlebih dahulu dari Indag. Berarti intinya, SPHP tetap akan kami layani. Bagi yang belum menerima, silahkan didaftarkan nanti kami jadwalkan pengirimannya,” sambungnya.

Sebelumnya, para pedagang beras mulai mempertanyakan bantuan pemerintah terkait kenaikan harga yang terjadi. Dalam hal ini yaitu penyaluran beras SPHP ke pasar tradisional.

Pedagang beras di Pasar Induk Gedebage, Saepuloh, (52) mengatakan bahwa sedikit pun belum pernah mendengar informasi perihal bantuan tersebut. Bahkan kabar tentang penyaluran itu, baru didengarnya dari saluran berita nasional.

“Belum ada. Baru liat juga berita di Jakarta. Di pasar ini mah belum ada,” kata Saepuloh kepada Jabarekspres, di kios dagangnya, Pasar Gedebage, Kota Bandung, Selasa (26/9) kemarin.

BACA JUGA: Zulkifli Hasan Sebut Telah Salurkan Beras SPHP ke Pasar Tradisional, Pedagang di Bandung: Belum Ada Kabar

Apabila benar ada bantuan itu, lanjut Saepuloh, tentu para pedagang beras bakal amat terbantu sekali. Mengingat kenaikan harga yang terjadi, pedagang beras di Pasar Gedebage bahkan kesulitan mendapat bati atau untung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan