Foto Prewedding Sebabkan Kebakaran, Polisi Tetapkan Manajer WO sebagai Tersangka Karhutla Bukit Teletubbies Bromo

JABAR EKSPRES – Kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di bukit Teletubbies Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur viral di media sosial. Aparat dari Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Probolinggo menetapkan manajer wedding organizer (WO) sebagai tersangka.

Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana dalam konferensi pers yang digelar pada Kamis, 8 September 2023 petang mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap enam orang terkait Karhutla di bukit Teletubbies Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

BACA JUGA: Para Wisatawan Bisa Kembali Mengunjungi Bromo Pascakebakaran Hutan

Lebih lanjut, Wisnu Wardana mengatakan bahwa dari enam orang tersebut satu orang ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan alat bukti dalam kasus Karhutla di bukit Teletubbies Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tersebut.

“Usai dilaksanakan serangkaian pemeriksaan terhadap enam orang yang kami tangkap, satu orang ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan dua alat bukti yang cukup, sehingga statusnya dinaikkan dari saksi menjadi tersangka,” kata Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana dalam konferensi pers yang digelar di Mapolres setempat, dikutip JabarEkspres.com dari Antara News pada Kamis, 7 September 2023 petang.

BACA JUGA: Viral Kemunculan UFO Mengudara di Bukit Teletubbies Gunung Bromo, Terekam Kamera Samsung Galaxy A9!!

Seperti diketahui bahwa Blok Savana Watangan atau area Bukit Teletubbies di Gunung Bromo terbakar pada Rabu, 6 September 2023 sekira Pukul 11.30 WIB. Kebakaran tersebut terjadi karena kelalaian pengunjung yang menggunakan flare asap saat foto prewedding.

Ia juga menjelaskan bahwa Karhutla di bukit Teletubbies Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terjadi akibat salah saatu dari lima flare asap Meletus saat dinyalakan. Kemudian muncul percikan api yang membakar rumput kering hingga menyebakan kebakaran besar.

“Memang benar bahwa kebakaran di Bukit Teletubbies karena salah satu dari lima flare asap meletus saat dinyalakan, sehingga mengeluarkan percikan api yang akhirnya membakar rumput kering di padang savana tersebut,” lanjutnya.

Karhutla di bukit Teletubbies Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), pihak pengelola segera melapor ke Polsek Sukapura yang langsung ditindaklanjuti oleh Kapolsek Sukapura beserta anggota dengan mendatangi area Bukit Telettubies guna membantu proses pemadaman serta mengamankan enam orang yang terlibat dalam kegiatan foto prewedding itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan