Dihujani Pertanyaan Wartawan, Cak Imin Tak Berkomentar saat Penuhi Panggilan KPK

JABAR EKSPRES – Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini Kamis, 7 September 2023. Ia diperiksa sebagai saksi terkait dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi tenaga kerja Indonesia (TKI) di lingkungan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) tahun 2012.

Cak Imin tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, pada Kamis, 7 September 2023 hari ini sekira pukul 10.55 WIB. Terlihat enteri Tenaga Kerja (Menaker) periode 2009-2014 mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

BACA JUGA: Cak Imin Ungkap Kondisinya saat Penuhi Panggilan KPK: Alhamdulillah Sehat

Sikap Cak Imin saat memasuki KPK pun terlihat santai, bahkan ia menebar senyum dan melambaikan tangan ke hadapan wartawan. Akan tetapi, ketika dihujani pertanyaan oleh para wartawan ia tidak berkomentar.

Sebelumnya, KPK menjadwalkan pemeriksaan Ketua Umum PKB tersebut pada Selasa, 5 September 2023. Namun, ia tidak dapat memenuhi panggilan tersebut karena jadwal yang tak memungkinkan. Kemudian ia pun mengajukan permohonan jadwal pemeriksaan menjadi Kamis, 7 September 2023 hari ini dan disetujui oleh KPK.

BACA JUGA: Penuhi Panggilan KPK Hari Ini, Cak Imin Tebar Senyum dan Lambaikan Tangan

Saat ditemui di NasDem Tower, Jakarta pada Rabu, 6 September 2023 kemarin oleh awak media, Cak Imin mengungkapkan bahwa diriyua akan memenuhi panggilan KPK untuk diperksa sebagai saksi terkait dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi TKI di lingkungan Kemenaker tahun 2012.

“Besok pasti (saya) datang, karena memang ini proses biasa yang ada sebagai saksi, saya diminta untuk datang,” kata Cak Imin, dikutip JabarEkspres.com dari Antara News.

Sebagai informasi, pada 18 Agustus 2023 lalu, penyidik KPK menggeledah Kantor Kemenaker di Jakarta. Namun, KPK belum mengumumkan temuan-temuan hasil penggeledahan itu kepada publik.

KPK telah menetapkan tiga orang tersangka, di antaranya yakni Dirjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Kemenaker sekaligus politikus PKB, Reyna Usman kemduain Sekretaris Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Kemenaker, I Nyoman Darmanta dan Direktur PT Adi Inti Mandiri, Kurnia.

Selain itu, pihak KPK juga menegaskan bahwa pemanggilan Cak Imin tidak ada kaitannya dengan politisasi hukum. Pasalnya, sejumlah pihak menilai bahwa pemeriksaan tersebut digelar setelah Cak Imin dideklarasikan sebagai bakal Cawapres Anies Bawedan pada Pilpres 2024 mendatang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan