Keyakinan Ilmuwan NASA tentang Kemungkinan Alien Hidup di Planet Venus

JABAR EKSPRES – Meskipun Venus memiliki suhu yang sangat panas hingga mencapai 475 derajat Celsius dengan atmosfer asam beracun yang dapat secara langsung membunuh manusia. Namun, para ilmuwan di Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) memiliki keyakinan bahwa ada potensi kehidupan alien di planet ini.

“Saya meyakini bahwa kita akan menemukan tanda-tanda kehidupan di planet lain. Saya berpikir bahwa di dalam Tata Surya kita, kita mungkin berada cukup dekat dengan kehidupan. Tetapi sekali lagi, kita belum mencapai tingkat keyakinan 100 persen,” kata Michelle Thaller, seorang ilmuwan peneliti di Goddard Space Flight Centre (GSFC) NASA, seperti di kutip dari Mirror.

Lihat juga : Fenomena Komet Nishimura Menggunakan Kamera Digital di Jepang

“Dalam hal Mars, kita telah mengamati adanya unsur kimia yang hadir di Bumi, dan jika unsur-unsur tersebut ada di sini. Kita mungkin akan menyimpulkan bahwa mereka di hasilkan oleh kehidupan,” lanjutnya, “Namun, pertanyaannya adalah seberapa baik kita memahami Mars dan apakah kita mungkin tertipu oleh faktor lain?”

Dimanakah Kemungkinan Tempat Tinggal Alien?

Thaller berpendapat bahwa kehidupan mungkin lebih mungkin di temukan lebih dekat dengan Bumi daripada di Mars.

“Kami melihat kemungkinan adanya tanda-tanda kehidupan di atmosfer Venus. Mungkin juga ada kehidupan di bawah lapisan es bulan-bulan di Jupiter dan Saturnus. Tata Surya mungkin memiliki bentuk kehidupan yang lebih sederhana, seperti mikroba.”

“Namun, kita hanya perlu mencapai tingkat keyakinan 100 persen untuk mengatakan apakah kita telah menemukannya atau belum.”

Mengapa Pilihan Jatuh pada Venus?

Thaller mengakui bahwa dia tidak pernah menduga Venus akan menjadi fokus. Saat ini, ada tanda-tanda di atmosfer Venus yang menunjukkan kemungkinan adanya aktivitas yang dapat di hasilkan oleh bakteri.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Asisten Direktur Ilmu Pengetahuan untuk Komunikasi di GSFC ini percaya bahwa manusia suatu saat nanti akan menemukan bentuk kehidupan lain di luar Bumi, dan hal tersebut hanya masalah waktu.

Venus, yang berjarak sekitar 108 juta km dari Matahari, adalah planet terpanas dalam Tata Surya kita. Dengan suhu yang dapat melelehkan timah, permukaannya memiliki suhu rata-rata sekitar 475 derajat C.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan