Bukan Jupiter Lagi, Planet Ini Ternyata yang Terbesar di Alam Semesta!

JABAR EKSPRESJupiter, si Raksasa Gas dalam tata surya, mungkin dulu merasa paling hebat sebagai planet terbesar. Namun, nyatanya, dia hanya segede semut dibanding para monster planet di alam semesta.

Kalo kita berbicara soal planet, gak cuma yang berjejer dalam sistem tata surya kita. Di jagad raya ini, ada juga planet dengan berbagai bentuk dan ukuran yang bikin kepala kita berputar. Nah, nih, yang jadi pertanyaan, siapa sih planet terbesar yang pernah ada?

Sumber dari detikINET ceritain, si jagoan gas raksasa, Jupiter, tuh ukurannya sekitar 11 kali lipat Bumi. Dulu, dia jadi yang terbesar saat temen-temennya yang disebut exoplanet belum ditemuin, yaitu sebelum tahun 1992.

Tapi, tau gak, ukuran Jupiter ini masih bocah kalo dibandingin sama planet-planet monster yang muncul belakangan ini.

Baca Juga: Nokia Makin Keren dengan Ponsel Barunya: Nokia Minima 2200 5G

Melansir dari Live Science, ada dua cara buat nentuin ukuran suatu planet. Pertama, ukuran lebarnya (bayangin dua jari tangan diukur lebarnya) dan yang kedua, bobotnya.

Kalau dilihat dari ukurannya, ada satu exoplanet yang jadi pemenangnya. Ini punya diameter sekitar dua kali lipat Jupiter. “Planet ini tuh unik banget, dia berputar super dekat dengan bintangnya,” kata Solene Ulmer-Moll, peneliti exoplanet dari Universitas Jenewa.

Eh, tapi ternyata, ukuran dan bobot planet itu berhubungan tapi enggak selalu lurus. Ini karena tiap planet punya kerapatan yang beda-beda. Jadi ada planet yang bobotnya lebih rendah tapi bisa jadi ukurannya lebih gede daripada exoplanet yang lebih berat.

Baca Juga: Makin Menggila! Samsung Kabarnya Bakal Bangun Sensor Kamera HP hingga 440 MP

Ada nih contohnya, ada satu planet gas bernama HAT-P-67 b yang punya jarak 1.200 tahun cahaya dari Bumi. Dia punya ukuran dua kali lipat Jupiter. Nah, meskipun ukurannya lebih besar, bobotnya lebih ringan dari Jupiter, bahkan cuman sekitar sepertiga dari bobot Jupiter.

Dan jangan lupakan juga Planet Wasp-17 b yang ukurannya juga dua kali dari Jupiter. Trus ada KELT-9b yang jari-jarinya sekitar 1,84 kali Jupiter.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan