Daftar Motor Honda yang Sudah Mengadopsi Rangka eSAF

JABAR EKSPRES – Berikut adalah daftar motor Honda yang telah mengadopsi rangka eSAF atau Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF).

Baru-baru ini, Honda menjadi pusat perhatian karena muncul dugaan bahwa rangka motor mereka rentan mengalami korosi, keropos, bahkan dapat retak dengan mudah.

Lihat juga : Lamborghini Lanzador Mobil Listrik Paling Ganas yang Tembus Harga Rp 7,6 M

Berita tersebut mengacu pada penggunaan rangka eSAF yang di perkirakan memiliki sifat yang lebih mudah retak.

Sebenarnya, Honda telah mengenalkan rangka baru bernama eSAF secara khusus untuk motor skuter matik (skutik).

Motor Honda yang Sudah Pakai Rangka eSAF

Inovasi ini pertama kali di terapkan pada motor Honda Genio yang di luncurkan pada tahun 2019.

Sementara, penggunaan rangka eSAF pertama kali di lakukan di Indonesia. Dengan maksud untuk menyesuaikan dengan pasar dan kebutuhan lokal di sini.

Pada saat ini, tercatat ada empat model motor Honda yang telah memanfaatkan rangka eSAF. Yaitu Honda Genio, Honda Beat, Honda Scoopy, dan Honda Vario 160.

Perbedaan mendasar dari rangka eSAF adalah, biasanya, rangka motor terbuat dari pipa baja.

Sedangkan rangka eSAF di bentuk dari lembaran pelat baja yang kemudian di proses melalui pengepresan dan pengelasan.

Proses pengelasan pelat baja ini juga berbeda, karena rangka eSAF di hubungkan menggunakan teknologi pengelasan laser yang membantu mengurangi risiko deformasi.

Apa itu eSAF?

eSAF sendiri merupakan kependekan dari “Enhanced Smart Architecture Frame”, sebuah konsep rangka yang di kembangkan oleh Honda untuk sepeda motor.

Konsep ini pertama kali di perkenalkan pada tahun 2021 sebagai bagian dari upaya Honda untuk meningkatkan performa, keamanan, dan kenyamanan para pengendara.

Konsep rangka eSAF mengusung pendekatan desain canggih yang berbasis teknologi untuk meningkatkan kekuatan, stabilitas, dan respons sepeda motor.

Lihat juga : Begini Cara Cek Kualitas Aki Motor, Masih Bagus atau Harus Buru-Buru Diganti?

Tujuannya adalah memberikan pengalaman berkendara yang lebih unggul dengan mengoptimalkan distribusi berat, meningkatkan torsi dan kekakuan, serta mengurangi getaran dan guncangan selama perjalanan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan