Cara Cek BI Checking Online Lewat HP

JABAR EKSPRESBI Checking telah menjadi topik viral di dunia maya karena di sebut jadi salah satu syarat penting dalam dunia kerja. Oleh karena itu, begini cara cek BI checking online lewat HP.

Setelah viral di media sosial, bahkan beberapa calon karyawan menyebut telah mengalami penolakan karena memiliki catatan kredit yang kurang baik.

Lihat juga : Meta Keluarkan Model AI Terbaru SeamlessM4T, Bisa Mengerti 100 Bahasa

Pada dasarnya, BI Checking di gunakan untuk memeriksa riwayat kredit seseorang. Biasanya ini di perlukan saat ingin mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR).

Sejak bulan November 2022, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memperkenalkan aplikasi iDebKu yang dapat di gunakan oleh lembaga jasa keuangan (LJK) baik itu bank maupun non-bank.

Hasil pengecekan ini memiliki tujuan untuk membantu LJK dalam mengambil keputusan terkait proses pemberian kredit atau pembiayaan kepada nasabah.

Dian Ediana Rae, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, berharap bahwa iDebKu akan memudahkan akses bagi perusahaan dan individu untuk mendapatkan informasi tentang nasabah.

Akses ini akan semakin mudah karena telah terintegrasi antara kantor pusat, regional, dan daerah dalam satu aplikasi.

Pengembangan aplikasi iDebKu ini sejalan dengan tujuan OJK dalam periode 2022-2027, Arah Pengembangan Sistem Layanan Informasi Keuangan (AP SLIK) 2021-2025.

Serta merupakan bagian dari Rancang Bangun Sistem Informasi (RBSI) 2019-2022 dan RBSI 2023-2027.

Lihat juga : Elon Musk Bakal Hapus Seluruh Tweet Lama yang Diposting sebelum Tahun 2014

Cara Cek BI Checking di HP

Berikut ini adalah cara lengkap untuk melakukan cek BI Checking online dengan memanfaatkan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) melalui aplikasi iDebKu :

1. Buka aplikasi melalui situs web https://idebku.ojk.go.id. Kemudian, klik pada opsi “Pendaftaran” yang terletak di halaman utama aplikasi iDebKu OJK.

2. Isi dengan lengkap dan akurat data registrasi yang di minta. Selanjutnya, unggah foto diri sesuai dengan petunjuk yang di berikan oleh aplikasi.

3. Setelah proses pendaftaran sukses, Anda akan menerima email dari OJK yang berisi nomor pendaftaran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan