Timnas Voli Putra Indonesia Naik 7 Peringkat di Klasemen Voli Dunia!

Jabar Ekspres – Tim nasional voli putra Indonesia telah mencatat pencapaian luar biasa dengan naik tujuh peringkat dalam klasemen voli putra dunia. Awalnya berada di peringkat ke-68, tim Indonesia kini telah berhasil meraih peringkat ke-61 dalam perhitungan yang dilakukan oleh Federasi Voli Dunia (FIVB).

Berdasarkan informasi resmi yang dikeluarkan oleh FIVB pada hari Senin (21/8), kenaikan prestasi ini membawa timnas Indonesia mendapatkan total poin sebesar 48,34. Hasil gemilang dalam pertandingan melawan Kazakhstan dalam ajang Kejuaraan Voli Asia 2023, juga diberikan pengakuan atas peningkatan peringkat ini dengan tambahan poin sebanyak 6,66.

BACA JUGA: Dalam Ajang SEA V League 2023, Timnas Voli Putri Indonesia Berhasil Kalahkan Filipina dengan Tiga Set Langsung

Prestasi yang sangat signifikan ini kini menempatkan tim Merah Putih di peringkat ke-12 dalam daftar negara-negara Asia. Dengan peningkatan tujuh peringkat ini, tim yang diasuh oleh pelatih Jiang Jie telah menjadi tim kedua dengan kenaikan peringkat tertinggi di dunia, hanya kalah dari timnas Bangladesh yang berhasil naik 156 peringkat dan kini berada di peringkat ke-43 dunia.

Tim ini memiliki peluang untuk terus mengumpulkan poin saat melanjutkan perjuangan dalam turnamen Kejuaraan Vollyball Asia 2023 yang saat ini tengah berlangsung di Urmia, Iran.

Meskipun begitu, timnas Jepang masih tetap mendominasi klasemen voli di Asia dengan berada di peringkat kelima dunia, mengumpulkan 328,73 poin. Sementara itu, timnas Iran menghuni peringkat ke-10 dunia dengan perolehan 242,34 poin.

Secara global, timnas Polandia memimpin peringkat pertama dengan poin sebesar 407,74, diikuti oleh timnas Amerika Serikat di peringkat kedua dengan perolehan 375,29 poin, dan timnas Italia di peringkat ketiga dengan total poin 359,02.

BACA JUGA: Timnas Bola Voli Putra Indonesia Bidik Juara SEA V League 2023!

Dilansir dari FIVB, berikut daftar urutan kejuaraan berdasarkan bobot penilaian
1. Olympics Games : 50 poin
2. World Championship : 45 poin
3. Vollyball Nations League (VNL) : 40 poin
4. World Cup / Kualifikasi Olimpiade (OQTs) : 35 poin
5. Continental Championship : 35 poin
6. Volleyball Challenger Cup : 20 poin
7. Kualifikasi untuk Continental Championship : 17.5 poin
8. Acara resmi tahunan lainnya diselenggarakan oleh Konfederasi Kontinental : 10 poin

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan