6 Wujud Penyakit Hati yang Bisa Mempengaruhi Perilaku Manusia

JABAR EKSPRES – Rasulullah senantiasa menyuruh umatnya untuk selalu menjaga hati. Hal ini karena hati merupakan salah satu faktor paling penting dalam kehidupan manusia. Jika hatinya baik maka karakter seseorang juga akan baik, namun bila hatinya ada penyakit maka akan berpengaruh pada perilakunya. Karenanya kita perlu mengenal seperti apa wujud dari penyakit hati ini.

Menjaga hati dari tertular penyakit bukanlah hal yang mudah, karena sering kali tanpa kita sadari penyakit tersebut masuk kedalam hati kita tanpa ada tanda-tanda.

Karenanya tidak sedikit orang yang tidak mengakui punya penyakit hati, sehingga merasa baik-baik saja, dan apa yang dilakukan seakan sebuah hal yang biasa. Misalnya sifat riya, merasa paling sholeh atau sombong.

Allah SWT berfirman :

وَاَمَّا الَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا اِلٰى رِجْسِهِمْ وَمَاتُوْا وَهُمْ كٰفِرُوْنَ

Artinya: “Dan adapun orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit, maka (dengan surat itu) akan menambah kekafiran mereka yang telah ada dan mereka akan mati dalam keadaan kafir,” (QS At Taubah ayat 125).

Baca juga : SEREM, Ini Bahayanya Julid dengan Status Orang di Sosmed, Awas Jadi Penyakit Hati

Untuk menghindari penyakit hati kita harus seantiasa mendekatkan diri pada Allah, selalu mengingat Allah dan memohon kepada Allah agar dilindungi dari hal tersebut.

Karena dampak dari penyakit hati ini bisa berimbas pada suatu hal yang mengerikan yakni Kekafiran, bahkan yang paling mengerikan adalah mati dalam keadaan kafir.

Ada pula sebuah hadits yang menjelaskan mengenai cara sembuh dari penyakit hati, yakni :

ومن كلامه أيضا دواء القلب خمسة أشياء: قراءة القرآن بالتدبر، وخلاء البطن، وقيام الليل؛ والتضرع عند السَحر، ومجالسة الصالحين ذكره القشيري في الرسالة

Artinya: “Salah satu ucapannya (Ibrahim Al-Khawash) adalah, ‘Obat hati terdiri atas lima perkara, (1) membaca Alquran disertai perenungan, (2) mengatur pola makan agar perut tidak kenyang (bisa puasa atau cara lain), (3) bangun malam (tahajud, zikir, atau amal lainnya), (4) merendahkan diri di hadapan Allah pada akhir malam, (5) bergaul dengan orang-orang shaleh.”

Baca juga : Penyakit yang Pernah Diderita Taufik Lala Sebelum Meninggal Dunia

Untuk mengetahui apa saja yang termasuk dalam penyakit hati, berikut penjelasannya dikutip Kitab Melatih Diri Membentuk Akhlak Mulia dan Mengobati Penyakit Hati yang ditulis Al-Ghazali dan diterjemahkan Bahrudin Achmad. :

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan