Makin Menggila! Samsung Kabarnya Bakal Bangun Sensor Kamera HP hingga 440 MP

JABAR EKSPRESSamsung, perusahaan sensor kamera ponsel terkemuka, telah mengumumkan langkah ambisiusnya dalam pengembangan teknologi sensor kamera hingga 440 MP.

Setelah memperkenalkan sensor kamera 200 MP untuk Galaxy S23 Ultra. Samsung tengah mengerjakan tiga sensor baru dengan spesifikasi yang makin menggila.

Lihat juga : iPhone 15 Series Diperkirakan Akan Mengusung Fast Charging 35W

Di laporkan oleh tipster Revegnus di platform Twitter, Samsung sedang mengembangkan tiga sensor baru. Yaitu sensor 50 MP ISOCELL GN6 dengan ukuran piksel 1,6μm, sensor 200 MP ISOCELL HP7 dengan ukuran piksel 0,6μm. Serta sensor 440 MP ISOCELL HU1 yang ukuran pikselnya belum di umumkan.

Rencananya, produksi ketiga sensor ini akan di mulai pada pertengahan tahun 2024. Namun, Revegnus juga mengindikasikan bahwa tidak semua sensor ini akan di gunakan di ponsel Samsung.

Sensor 50 MP ISOCELL GN6 kemungkinan akan menggantikan peran sensor ISOCELL GN1 dan ISOCELL GN2.

Dengan ukuran piksel yang besar, yaitu 1,6μm, ISOCELL GN6 berpotensi menjadi sensor kamera terbesar dan sensor berukuran 1 inci pertama yang di buat oleh Samsung, menantang sensor Sony IMX989.

Sensor Sony IMX989 saat ini telah di gunakan pada beberapa ponsel flagship dari merek Tiongkok seperti Oppo Find X6 Pro, Xiaomi 13 Pro, dan Vivo X90 Pro+.

Revegnus menunjukkan bahwa sensor 50 MP ISOCELL GN1 kemungkinan tidak akan di gunakan pada ponsel Samsung. Melainkan akan di adopsi oleh vendor-vendor asal Tiongkok.

Sensor 200 MP ISOCELL HP7, yang kemungkinan akan menggantikan sensor 200 MP ISOCELL HP2 yang di gunakan pada Galaxy S23 Ultra.

Di perkirakan sebelumnya akan di terapkan pada Galaxy S25 Ultra. Namun, rencana ini di batalkan karena biayanya yang tinggi.

Sensor yang paling menarik adalah sensor 440 MP ISOCELL HU1. Terlepas dari belum ada keterangan apakah sensor ini akan di gunakan dalam ponsel, kemungkinan besar sensor ini akan di manfaatkan dalam industri lain seperti otomotif atau industri lainnya.

Pada tahun 2020, Samsung mengumumkan niatnya untuk mengembangkan sensor kamera dengan resolusi mencapai 600 MP yang sejajar dengan kemampuan mata manusia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan