Pabrik Tank Jerman di Ukraina Akan Segera Dibagun, Bantuan Militer untuk Ukraina dalam Jangka Panjang

JABAR EKSPRES – Sebuah pabrik tank Jerman atau pabrik kendaraan berlapis baja disebut-sebut bakal dibangun di Ukraina.

Pembangunan pabrik tank Jerman ini bermaksud untuk membantu Ukraina dalam menghadapi konflik baik sekarang maupun di masa depan.

Rheinmetall akan membuka pabrik tank dan kendaraan lapis baja di Ukraina dalam waktu tiga bulan ke depan, kata CEO Armin Papperger.

Pabrik tank Jerman di Ukraina ini akan berlokasi di bagian barat negara itu. Pabrik tersebut disebut mampu memproduksi 400 tank setiap tahunnya.

“(Ukraina) harus membantu diri mereka sendiri. Jika mereka harus selalu menunggu (bantuan) orang Eropa atau Amerika dalam 10 atau 20 tahun ke depan… itu tidak mungkin,” kata Papperger, Rabu, 12 Juli 2023, dikutip oleh JabarEkspres.com dari The Defense Post.

BACA JUGA: Sistem Pertahanan Militer Ukraina Berhasil Menepis Serangan Pesawat tanpa Awak Milik Rusia

Pabrik senilai lebih dari $200 juta

Rheinmetall akan mulai membangun pabrik tersebut dengan budget senilai 200 juta euro ($213 juta) dalam kemitraan dengan perusahaan pertahanan milik negara Ukraina, Ukroboronprom.

Perusahaan pertahanan Jerman itu juga akan melatih para pekerja Ukraina untuk merawat tank dan kendaraan lapis baja lainnya yang dibuat di pabrik tersebut, seperti pengangkut personel lapis baja Fuchs.

Menepis Ancaman Rusia terhadap Pabrik

Keputusan ini muncul setelah mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengancam bulan lalu untuk menyerang calon pabrik tank tersebut.

Menepis ancaman tersebut, Papperger mengatakan bahwa perusahaannya akan terlindungi dari serangan Rusia.

Dia sebelumnya telah menyarankan bahwa sistem pertahanan udara dapat melindungi pabrik dari potensi serangan Rusia.

“Ada banyak pabrik saat ini yang memproduksi barang-barang militer (di Ukraina). Ini hanyalah salah satunya dan kita bisa melindunginya juga,” pungkas Armin Papperger.

BACA JUGA: Bantuan Militer NATO untuk Ukraina, Rusia: Perang Dunia Ketiga Semakin Dekat!

Melansir situs Rheinmetall, ada akhir tahun 2023, Rheinmetall memasok Ukraina dengan 26 truk militer baru dan dua sistem pertahanan udara canggih.

Upaya dukungan ini juga mencakup sistem pengintaian seluler SurveilSPIRE dengan kamera yang dapat digunakan siang dan malam dan drone mini yang dapat dikemudikan secara otomatis.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan