Diguyur Hujan, Belasan Rumah di Kota Bogor Terendam Banjir

JABAR EKSPRES – Intensitas hujan tinggi di Kota Bogor dalam beberapa hari kebelakang mengakibatkan banjir lintasan di sejumlah pemukiman warga, salah satunya di Kampung Pacilong Ujung, Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas membenarkan hal itu. Ia mencatat, sedikitnya ada 12 rumah warga yang terendam akibat banjir lintasan.

“Peristiwa itu terjadi kemarin sore, tepatnya di RT 03 RW 10, Kampung Pacilong Ujung. Saat itu kami menerima laporan warga dan langsung terjun membantu penanganan bersama sejumlah relawan dan masyarakat setempat,” ungkapnya saat dihubungi Jabar Ekspres pada Sabtu, 8 Juli 2023.

BACA JUGA: Tidak Sekedar Rekomendasi, Rudy Susmanto Sebut DPRD Siap Bantu Pemkab Bogor Tindaklanjuti LHP BPK

Dia menjelaskan, banjir lintasan itu merendam rumah warga dengan ketinggian selutut orang dewasa. Namun, pihaknya memastikan tidak ada korban dalam kejadian itu.

Menurutnya, derasnya guyuran hujan di wilayah tersebut serta kecilnya saluran drainase tak cukup menampung debit air. Sehingga, air meluap dan menggenang disekitar pemukiman warga.

“Ada 5 rumah terdampak ringan dan 7 rumah terdampak berat yang mengakibatkan alas tidur dan pakaian terendam,” jelasnya.

BACA JUGA: 9 Tersangka Prostitusi Online Diamankan Polresta Bogor Kota

Pihaknya merinci, dari 5 rumah itu berisikan 14 anggota keluarga. Sementara pada 7 rumah ada 26 anggota keluarga.

Teofilo menegaskan, dalam peristiwa itu pihak BPBD sudah melakukan asesmen di lokasi serta memberikan bantuan darurat kepada pihak Kelurahan Kebon Pedes untuk didistribusikan kepada warga yang terdampak.

“Kami sudah salurkan bantuan kebutuhan mendesak seperti alas tidur, selimut, dan natura. Serah terima bantuan itu langsung dilakukan usai penandatanganan di lapangan,” tandasnya. (YUD)

BACA JUGA: Sabar Menanti, Akhirnya 566 Guru di Kota Bogor Diangkat menjadi PPPK

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan