Kasus Pertama di Dunia Seorang Wanita di Jepang Meninggal karena Virus Oz

JABAR EKSPRES – Seorang perempuan Jepang berusia 70-an tahun telah meninggal karena terinfeksi virus Oz. Sebuah virus yang belum pernah di temukan sebelumnya.

Kementerian Kesehatan Jepang mengonfirmasi bahwa dia adalah kasus pertama yang di ketahui di dunia yang meninggal karena virus tersebut.

Menurut laporan dari Kyodo News, wanita tersebut pertama kali di rawat pada musim panas tahun 2022 setelah mengalami gejala demam dan kelelahan.

Baca juga : Wajib Tahu, Ini Penyebab Miss V yang Terkadang Terasa Sakit

Pada awalnya, para dokter menganggap bahwa dia mengidap pneumonia, tetapi selama proses pengobatan, di temukan sejenis kutu yang semakin membesar di bagian paha kanannya.

Setelah menjalani pengobatan selama 26 hari, sayangnya wanita tersebut meninggal dunia karena mengalami peradangan pada otot jantung, yang di kenal sebagai miokarditis.

Virus Oz sendiri merupakan jenis virus yang belum pernah di temukan sebelumnya.

Di temukan pertama kali pada spesies kutu Amblyomma testudinarium di Provinsi Ehime, Jepang barat pada tahun 2018.

Virus Oz di duga menular melalui gigitan kutu tersebut.

Institut Nasional Penyakit Menular di Tokyo mengungkapkan. Bahwa antibodi terhadap virus ini di temukan pada monyet liar, babi hutan, dan rusa yang hidup di beberapa prefektur Jepang.

Termasuk Chiba, Tokyo, Gifu, Mie, Wakayama, Yamaguchi, dan Oita.

Sampai saat ini, belum ada vaksin yang tersedia untuk melawan virus Oz yang hanya di temukan di Jepang.

Baca juga : Simak 6 Tips Tidur yang Baik untuk Penderita Diabetes

Oleh karena itu, masyarakat Jepang di imbau untuk memahami dengan baik gejala dan risiko yang terkait dengan infeksi ini.

Kasus ini menjadi peringatan penting bagi semua orang untuk meningkatkan kesadaran akan virus yang muncul dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang di perlukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan