Sinyal 3G Telkomsel Dimatikan di 504 Wilayah di Indonesia

JABAR EKSPRES – Telkomsel telah mematikan jaringan 3G di 504 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Dengan demikian, tidak akan ada lagi sinyal 3G dari Telkomsel, hanya sinyal 4G yang tersedia.

Proses penghentian jaringan 3G tersebut di mulai oleh Telkomsel pada bulan Maret 2022. Dan di lakukan secara bertahap hingga selesai pada bulan Juni 2023.

Baca juga : Realme C53 NFC Hadir dengan RAM 12GB dan Kamera 50MP Harga Rp 2 Jutaan

Selama proses peningkatan dari 3G ke 4G, operator seluler ini telah mengubah teknologi jaringan 3G menjadi 4G di lebih dari 49 ribu BTS.

Sehingga saat ini, lebih dari 96% wilayah populasi di Indonesia telah tercover oleh jaringan 4G Telkomsel.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho, mengungkapkan apresiasi yang besar atas kepercayaan pelanggan dan dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Yang telah membantu kelancaran proses peningkatan/pengalihan jaringan 3G ke 4G di 504 kota/kabupaten tersebut.

Menurut Nugroho, hal ini tidak mengalami kendala yang berarti.

Telkomsel juga melaporkan adanya peningkatan penggunaan uSIM 4G sebesar 84% di bandingkan tahun sebelumnya.

Serta pertumbuhan lalu lintas data 4G sebesar 14% di bandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, terdapat juga peningkatan sebanyak 51% dalam jumlah perangkat yang beralih ke perangkat 4G.

Dengan di matikannya sinyal 3G Telkomsel ini, operator seluler tersebut berharap dapat meningkatkan layanan jaringan. Terutama untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup digital masyarakat.

Selain itu, di harapkan juga dapat berdampak pada kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan dan mendorong percepatan transformasi ekonomi digital nasional di masa depan.

Nugroho juga menyebutkan bahwa keberhasilan Telkomsel dalam meningkatkan jaringan 3G menjadi 4G di 504 kota/kabupaten di dukung oleh komitmen perusahaan mulai dari tahap awal pengkajian, perencanaan, persiapan, hingga pelaksanaan yang lancar.

Baca juga : Kini Pengguna Instagram Bisa Download Video Reels Langsung dalam Aplikasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan apresiasi kepada Telkomsel setelah berhasil melakukan peralihan jaringan 3G ke 4G di 504 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Wayan Toni Supriyanto, menyatakan bahwa Pusat Monitoring Telekomunikasi akan terus bekerja sama dengan seluruh operator untuk meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan