Simak di Sini 5 Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis

JABAR EKSPRES- Berikut ini merupakan beberapa penyebab air radiator mobil cepat habis, untuk itu simaklah penjelasannya di sini.

Air radiator mobil merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Dikarenakan jika air radioator tersebut rusak akan menyebabkan beberapa masalah yang terjadi pada mobil.

Salah satunya adalah mesin mobil yang akan cepat overheat (panas) atau bisa juga mobil akan sulit dihidupkan hingga mogok.

Maka dari itu Anda harus mengetahui beberapa alasan mengapa air radiator mobil cepat habis.

Ada beberapa penyebab umum mengapa air radiator mobil bisa cepat habis:

  1. Kebocoran pada sistem pendinginan

Salah satu penyebab paling umum air radiator cepat habis adalah kebocoran pada sistem pendinginan. Kebocoran bisa teradi pada selang, pipa, atau bahkan pada radiator itu sendiri. Jika ada kebocoran, air radiator akan bocor keluar dan menyebabkan penurunan tingkat air.

 

  1. Kerusakan pada radiator

Jika radiator mengalami kerusakan, seperti retak atau rusak pada bagian dalamnya, air radiator dapat bocor ke luar. Hal ini dapat menyebabkan air cepat habis dan menyebabkan masalah pada sistem pendinginan.

 

  1. Kebocoran pada saluran pembuangan

Sistem pendinginan mobil memiliki saluran pembuangan untuk mengalirkan kelebihan air radiator. Jika saluran pembuangan bocor atau terdapat masalah pada katupnya, air radiator dapat hilang dengan cepat.

 

  1. Masalah pada head gasketPenyebab

Jika terjadi kerusakan pada head gasket atau pakai kepala silinder, dapat terjadi kebocoran antara ruang pembakaran dan saluran pendingin. Hal ini dapat menyebabkan air radiator bercampur dengan oli atau gas buang, sehingga air radiator akan cepat habis.

 

  1. Overheating berulang

Jika mobil sering mengalami overheating (kelebihan panas), ini dapat menyebabkan penguapan air radiator yang lebih cepat. Jika air radiator tidak diganti secara teratur setelah overheating, tingkat air akan terus menurun.

Jika Anda mengalami masalah air radiator yang cepat habis, disarankan untuk memeriksakan mobil ke bengkel yang terpercaya. Teknisi akan dapat mendeteksi penyebab masalah dan mengambil langkah-langkah perbaikan yang diperlukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan