Apa Itu Nirmana dalam Desain Lengkap dengan Manfaat, Jenis dan Cara Membuatnya

Nirmana warna

warna
Sumber: deviantart/abiigumilar

Nirmana warna terbagi menjadi dua jenis, yaitu hitam putih dan berwarna (full colour). Ada teknik khusus untuk membuat nirmana jenis ini yaitu mencampurkan dua warna atau lebih untuk menciptakan gradasi yang terhubung.

Untuk nirmana warna jenis hitam putih, cat yang dicampur hanya warna hitam dan putih dengan kadar masing-masing. Selain media kertas dan cat, diperlukan peralatan tambahan seperti pallet, beberapa kuas, dan pengencer cat.

2. Nirmana Trimatra (3 Dimensi)

Apa Itu Nirmana dalam Desain Lengkap dengan Manfaat, Jenis dan Cara Membuatnya

Sedangkan Nirmana Trimatra dibuat dengan berbagai bahan hingga membentuk susunan 3 dimensi. Bahakn untuk membuat nirmana 3D bisa berbagai macam media. Kita juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk membuat nirmana jenis ini.

Nirmana 3D berbeda dengan kerajinan yang biasa dibuat dari bahan bekas. Sekali lagi, mempelajari nirmana bukan untuk menciptakan karya fungsional. Ini hanya untuk mempelajari kepekaan kita dalam merancang sebuah karya yang bisa dinikmati oleh mata. Maka dari itu, perhatikan bahan-bahan dan penyusunan untuk membuat nirmana jenis ini. Karena jika tidak, maka bidget yang kita keluarkan akan boros.

Tips membuat Nirmana 2D dan 3D

Berikut adalah cara membuat nirmana yang tepat agar sesuai dengan pola yang telah kita buat sebelumnya. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dosen maupun teman yang sudah senior agar pola yang Anda ciptakan sesuai dengan prinsip pembuatan nirmana.

  1. Siapkan bahan

Sebelum membuat nirmana, hal paling pertama yang harus kita siapkan adalah bahan dasar seperti kertas, alat tulis dan alat warna. Biasanya sebelum memulai membuat nirmana berukuran besar, kita diharuskan untuk membuat beberapa pola di kertas ukuran A4 atau pun yang sudah ditentukan pengajar.

  1. Buat Pola

Sebelum menorehkan tinta ke media kertas utama berukuran 50×40 cm atau sesuai dengan ketentuan pengajar, kita perlu membuat pola di kertas yang berukuran lebih kecil. Buatlah beberapa pola agar proses konsultasi atau asistensi bisa berjalan lebih lancar. Pengajar bisa memilih yang paling unik untuk Anda buat di media yang berukuran lebih besar.

Tinggalkan Balasan