Alhamdulillah, Zaenal Mustofa Ikut Mudik Gratis Pemkot Cimahi Usai Kena PHK, Begini Kisahnya

JABAR EKSPRES – Zaenal Mustofa (47), pemudik asal Kota Cimahi, Jawa Barat akhirnya bisa pulang ke kampung halamannya di Magelang, Jawa Tengah mengikuti program mudik garis pemerintah Kota atau Pemkot Cimahi menjelang Lebaran 2023.

Zaenal Mustofa bersama istri dan dua anaknya diberangkatkan pada Rabu, 19 April 2023 mellaui program mudik gratis Pemkot Cimahi beserta 400 pemudik lainnya dengan tujuan Semarang dan Yogyakarta menjelang Lebaran 2023.

Atas program mudik gratis Pemkot Cimahi tersebut, Zaenal Mustofa mengaku sangat bersyukur.

BACA JUGA: Rayakan Lebaran 21 April 2023, PD Muhammadiyah Cimahi dan KBB Akan Laksanakan Salat Idul Fitri Jumat Besok

“Alhamdulillah bisa mudik lebaran lagi bareng sama ke keluarga. Pastinya seneng bisa mudik gratis,” ujar Zaenal Mustofa.

Bagi dia, program mudik gratis ini sangatlah membantu ditengah perekonomiannya yang sedikit menurun.

Sebab ia saat ini belum memiliki pekerjaan lagi usai terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada Oktober 2022.

“Iya kena PHK tahun lalu. Mudah-mudahan ada rezekinya. Yang penting sekarang bisa pulang kampung dulu. Saya memang lumayan lama merantau di Cimahi,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan berharap dengan adanya program mudik gratis menggunakan tujuh bus ini bisa meringankan beban masyarakat Kota Cimahi yang mudik ke kampung halamannya masing-masing.

“Sejak tahun lalu disiapkan armadanya untuk mudik gratis, mudah-mudahan membantu masyarakat yang membutuhkan sampai ke kampung halaman.

Memang ada seleksi ketat, tadi lihat juga penumpang tidak ada ASN. Jadi memang warga membutuhkan untuk dibantu,” katanya.

Ia mengingatkan para pemudik untuk menitipkan keamanan rumah yang ditinggal sementara kepada aparat kewilayahan seperti RT dan RW.

“Pastikan tidak ada elektronik yang menyala untuk menghindari kebakaran.

Titipkan rumah kepada tetangga dan RT/RW, kalau perlu beserta kuncinya sehingga bisa dipantau kalau ada apa-apa. Juga jangan lupa jaga kesehatan,” imbuh Dikdik.

Dikdik melanjutkan, Pemkot Cimahi memprsilahkan pemudik untuk membawa saudaranya dari kampung ke Kota Cimahi.

Seperti diketahui, usai Lebaran biasanya perantau baru kerap masuk ke Kota Cimahi dengan berbagai tujuan. Di antaranya untuk mencari pekerjaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan