2 Juta Orang Diprediksi Kunjungi Tempat Wisata di Bogor

Jabarekspres.com –  Beberapa tempat wisata di Bogor diprediksi akan dipadati oleh wisatawan yang datang dari wilayah Jabodetabek untuk merayakan liburan tahun baru.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kabupaten Bogor mencatat ada sebanyak 7,364.800 pengunjung yang diprediksi akan berkunjung ke berbagai tempat wisata di Bogor pada periode Januari sampai November 2022.

“Kalo kita punya data sampai november, kalo untuk Desember belum kami hitung, yang pasti ada kenaikan jumlah kunjungan yah,”kata kepala Disparbud Deni Humaedi kepada Jabarekspres.com, Kamis(29/12).

Angka tersebut naik dari tahun 2021 dengan menargetkan 5 juta kunjungan wisata dan realisasinya yakni 6,4 juta kunjungan.

Untuk realisasi kunjungan wisata di Kabupaten Bogor, setidaknya ada lima jenis yang menyumbangkan kunjungan wisata paling banyak.

Diantaranya, jenis usaha akomodasi 1,3 juta kunjungan dari WNI dan 21,9 ribu kunjungan dari WNA. Lalu restoran 464 ribu kunjungan WNI dan 1,8 ribu kunjungan WNA. Kemudian pada objek wisata 2,6 juta kunjungan dari WNI dan 74 ribu dari WNA.

“Saya yakin kunjungan wisatawan akan melebihi target dari target kami 8 juta pengunjung di tahun 2022,”tambahnya.

Dari 7 juta lebih orang yang berkunjung ke Kabupaten Bogor itu, didominasi pada sektor wisata alam dan restoran di kawasan Puncak Bogor.

Lebih lanjut, kata Deni Humaedi, pada liburan Natal dan Tahun Baru terhitung sejak awal bulan Desember. Sebanyak 1 juta sampai 2 juta berkunjung ke Kabupaten Bogor.

” Laporan dari pengelola hotel juga jelang nataru 60 hingga 90 persen hotel sudah banyak yang dibooking untuk merayakan tahun baru,”lanjutnya.

Sektor pariwisata telah menyumbang Pajak Asli Daerah ( PAD) kepada pemerintah Kabupaten Bogor sebesar 284  miliar.

“Yang jelas target kami sasaran PAD di 300 miliar dari hotel, restoran dan wisata,”ucapnya.

Selain itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor juga menargetkan 10 juta kunjungan wisatawan pada tahun 2023 mendatang.

“Tentunya kami akan meningkatkan lagi untuk kunjungan wisatawan di tahun 2023 agar PAD sesuai yang kami targetkan,”bebernya.

Masih kata, Deni Humaedi, pihaknya akan  banyak menggelar event-event  baik skala lokal, nasional maupun internasional.

” Yang pasti kita akan buat event-event yah karena salah satu faktor meningkatkannya jumlah kunjungan bisa dilihat juga dari banyaknya event, Sudah kami siapkan untuk tahun depan ,”pungkasnya (sfr/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan