Ancaman Gocapan

Saham jenis ini termasuk yang tidak boleh dijual selama diperjanjikan. Mungkin selama 4 atau 5 tahun. Tujuannya: supaya pimpinan perusahaan bekerja keras untuk menaikkan harga saham.

Saya tidak tahu Rp 11 triliun itu didasarkan pada harga saham berapa. Anda juga tidak tahu. Mereka yang tahu. Bisa saja angka Rp 11 triliun itu sekarang juga tinggal 25 persennya.

Stock base compensation itu beda dengan ESOP (Employee Stock Option Plan). Karena bentuknya compensation, maka Rp 11 triliun itu, harus dibukukan sebagai pengeluaran.

Pencatatannya pun harus dilakukan di tahun pertama. Yakni saat kompensasi itu dilaksanakan. Maka di catatan buku GoTo mestinya ada pengeluaran Rp 11 triliun tahun ini. Pengeluaran bukan tunai. Padahal kompensasi itu bisa jadi dikunci selama 5 tahun.

Ini berbeda dengan ESOP. Di ESOP pimpinan dan karyawan memang dapat saham, tapi bentuknya option. Maka dicatatnya di pembukuan di kolom equity. Begitulah sistem akuntansi harus mencatatnya

Anda beli saham GoTo? Nilainya turun?

Anda tentu rugi. Tapi juragan GoTo mungkin rugi lebih besar. Nilai perusahaan itu di awal IPO mencapai sekitar Rp 400 triliun. Kini tinggal Rp 97 triliun. Inilah uang Rp 97 triliun yang menuliskannya pakai kata ”tinggal”.

Maka jangan gundah. Anda bisa tetap tersenyum dengan humor ini: ketika Anda beli jeruk di pinggir jalan sebanyak 5 kg dan ternyata masam, si penjual masih bisa menghibur Anda. “Anda hanya beli 5 kg. Kami ini lho beli 1 ton masam semua”. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 20 Desember 2022: Untung Messi

Leong putu

Minum Cola makan dulu / Tuna pepes di dalam rantang / Demam bola tlah berlalu / Deman capres segera datang / … 365_mantun pepes

 

Warung Faiz

Yaap ..benar bung Denik dan pak JM,final piala dunia kali ini yg terbaik yg pernah saya tonton.. Ketinggalan 2-0 dan bola di kuasai penuh oleh Argentina babak pertama,mampu di samakan oleh Perancis pd babak ke 2… Ketika extra time menit ke 115 Messi menciptakan gol,kupikir it’s over.. Makanya ku tinggalkan sejenak ke kamar mandi.. Terdengar sorak penonton,buru2 ku selesaikan hajatku.. Dan apa yg terjadi penalti,Mbape..goooll Wooww,langsung merinding saya… Pertandingan yg ruarrrr biasa..

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan