Gunung Kawi

 

Liam Then

Aura kasih dulu termasuk salah satu opsi saya. Dalam upaya memperbaiki keturunan. Tapi berhubung yang bersangkutan tak kenal saya. Dan ditambah unsur pengenalan saya ke faktor pribadi yang berhubungan kapasitas personal saya, yang rendah dalam hal maintenance ciptaan indah seperti seorang Aura Kasih. Akhirnya saya pilih opsi lain. **Di atas frase panjangnya. Kalo pendeknya : Saya kere.

 

Juve Zhang

Kalau ingin lihat bangunan yg di disain tahan gempa skala 9 ,lihat saja konstruksi beton kereta cepat Jakarta Bandung di YouTube, itu di disain untuk tahan skala 9, Cianjur cukup dekat ke tiang beton kereta cepat, tapi tiang beton ” santai santai ” saja. Wkwk

 

Mirza Mirwan

Pernah terpikir di benak Dayi Mahmudin (40), bila uangnya sudah mencukupi, ia ingin membongkar rumah panggung yang dibangunnya 18 tahun yang lalu dan menggantinya dengan rumah benteng — berdinding tembok. Sebab rumah panggung seperti miliknya, apalagi berdinding bambu, sering dilabeli sebagai rumah keluarga di bawah garis kemiskinan. Ia ingin membuat keluarganya bisa merasa bangga kalau tinggal di rumah benteng Siang itu Dayi berada di rumah karena isterinya, Neneh Suminar (40), sedang sakit. Si kembar dari 6 anaknya baru umur 7 bulan. Lalu terjadilah gempa itu. Jeritan dan teriakan panik yang terdengar dari segala arah tidak membuatnya berlari ke luar. Ia dekap si kembar sambil komat-kamit mohon perlindungan Tuhan, seraya matanya memandang dinding rumahnya yang bergoyang dan menjatuhkan piring dan gelas di meja. Pecah berantakan. Rumah panggung itu tetap berdiri tegak. Dayi dan keluarganya aman terlindung rumah yang terpikir olehnya untuk dibongkar itu.. Hanya gentengnya banyak yang melorot. Sementara ribuan rumah lain yang berdinding tembok, beberapa masih relatif baru, malah hancur berantakan. Pun membawa korban jiwa. Tak putus-putusnya Dayi bersyukur dengan airmata berderai. Cerita di atas bukan rekaan, tetapi cerita nyata. Terjadi di Kampung Sarampad, Desa Sarampad, Kec. Cugenang, Kab. Cianjur. Ternyata rumah panggung yang tradisional lebih tahan gempa ketimbang rumah benteng yang modern.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan