Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten hingga Kabupaten Tangerang Siap Naikkan UMP Tahun 2023

Jabarekspres.com – Kenaikan Upah Minimum Provinsi atau UMP 2023 siap diberlakukan di beberapa Provinsi termasuk di antaranya di Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten hingga Kabupaten Tangerang.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap menaikkan UMP 2023 sebesar 5,6 persen atau menjadi Rp4,6 juta.

Kenaikan UMP 2023 Pemprov DKI Jakarta tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigasi, dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah.

“Sudah bisa dipastikan kenaikan UMP Pemprov DKI sebesar 5,6 persen,” kata Andri Yansyah, sebagaimana dikutip Jabarekspres.com dari ANTARA.

Kenaikan UMP 2023 di Provinsi DKI Jakarta, sebelumnya telah diusulkan dalam Sidang Dewan Pengupahan dari kalangan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DKI Jakarta dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta.

Melalui sidang tersebut, Kadin DKI Jakarta mengusulkan kenaikan UMP 2023 sebasar 5,11 persen atau menggunakan alfa 0,1. Sementara, Apindo DKI Jakarta mengusulkan menggunakan formula Peraturan Pemerintah (PP) 36 tahun 2021 soal Pengupahan.

Pada saat sidang berlangsung yang dihadiri oleh beberapa unsur seperti pakar, akademisi, praktisi dan Badan Pusat Statistik (BPS).

“Unsur inilah melakukan kajian, survei sehingga ketemu 5,6 persen atau alfa 0,2,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *