Belajar Menulis Cerita Sehari-hari

Editor:

Untuk bisa membuat tulisan dari cerita sehari-hari atau pengalaman kita, berikut penulis akan mencoba berbagi cara menulis berdasarkan  pengalaman penulis dalam belajar dan berlatih menulis, baik itu menulis artikel, esai ataupun cerita inspiratif .

Cara kreatif dan produktif dalam menulis yang biasa penulis lakukan sehingga akhirnya bisa menulis yaitu, pertama, jadikan menulis sebagai sahabat setia yang siap menerima cerita kita dalam bentuk apapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun.

Penulis menjadikan huruf, kata-kata, kalimat sebagai teman dalam mencurahkan segala rasa yang dihadapai dalam hidup. Penulis menjadikan kegiatan menulis sebagai sahabat setia. Penulis mencurahkan semua perasaan dalam tulisan sampai penulis merasa puas dan merasa telah menyelesaikannya.

Kedua, setelah selesai menulis, penulis membiarkan tulisan itu beberapa hari. Hal itu dilakukan untuk menetralisir keterlibatan emosi yang berlebihan. Kemudian penulis membaca ulang tulisan sendiri. Lalu mulai mengedit tulisan dengan cara membuang kata atau kalimat yang kurang bermanfaat.

Selanjutnya, penulis menganalisis dan memastikan jika tulisan tadi tidak ada kata-kata dan kalimat yang menyinggung SARA. Hal itu penting dilakukan agar tulisan kita dikemudian hari tidak menimbulkan permasalahan.

Pada tahap itu juga, biasanya penulis mulai memasukkan teori atau pendapat dari para ahli tentang tema dari tulisan. Mengembangkannya dengan pemahaman dan kemampuan nalar berdasarkan pengalaman dan keahlian kita. Proses ini dilakukan tidak cukup sekali. Tetapi harus berulang-ulang minilal dua atau tiga kali.

Ketiga, penulis mulai menyimpulkan tulisannya untuk mengakhiri tulisan tadi sebagai pendapat pribadi dan juga sebagai pesan yang bisa diambil pembaca tulisan kita.

Keempat, sebagai tahap akhir dari kegiatan menulis, penulis mulai menentukan judul tulisan sebelum akhirnya dipublikasikan. Pilihlah judul semenarik mungkin yang dapat membuat pembaca cukup penasaran untuk membaca tulisan kita. Pemilihan judul dipikirkan sebaik mungkin agar judul kita menjadi kalimat yang mewakili keseluruhan tulisan.

Kelima, mempublikasikan tulisan di media agar tulisan kita bisa dibaca oleh masyarakat umum. Media yang kita pilih bisa disesuiakan dengan kebutuhan. Tergantung dari penulis akan dipublikasikan di mana hasil karya tulisannya itu.

Demikianlah cara kreatif dan produktif dalam menulis cerita yang terinspirasi dari cerita sehari-hari. Semoga tulisan singkat ini bisa menjadi inspirasi pembaca dalam memulai menulis ataupun meneruskan tulisan yang belum beres agar tulisannya bisa selesai.

Semoga pembaca bisa menjadi penulis produktif dan kreatif serta kelak menjadi pembicara yang mampu mengajak para pendengarnya menjadi penulis kreatif dan produktif. (*)

 

Penulis adalah guru di SDN 2 Cipanas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *