Belajar Menulis Cerita Sehari-hari

Ketiga, penulis mulai menyimpulkan tulisannya untuk mengakhiri tulisan tadi sebagai pendapat pribadi dan juga sebagai pesan yang bisa diambil pembaca tulisan kita.

Keempat, sebagai tahap akhir dari kegiatan menulis, penulis mulai menentukan judul tulisan sebelum akhirnya dipublikasikan. Pilihlah judul semenarik mungkin yang dapat membuat pembaca cukup penasaran untuk membaca tulisan kita. Pemilihan judul dipikirkan sebaik mungkin agar judul kita menjadi kalimat yang mewakili keseluruhan tulisan.

Kelima, mempublikasikan tulisan di media agar tulisan kita bisa dibaca oleh masyarakat umum. Media yang kita pilih bisa disesuiakan dengan kebutuhan. Tergantung dari penulis akan dipublikasikan di mana hasil karya tulisannya itu.

Demikianlah cara kreatif dan produktif dalam menulis cerita yang terinspirasi dari cerita sehari-hari. Semoga tulisan singkat ini bisa menjadi inspirasi pembaca dalam memulai menulis ataupun meneruskan tulisan yang belum beres agar tulisannya bisa selesai.

Semoga pembaca bisa menjadi penulis produktif dan kreatif serta kelak menjadi pembicara yang mampu mengajak para pendengarnya menjadi penulis kreatif dan produktif. (*)

 

Penulis adalah guru di SDN 2 Cipanas

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan