Kabupaten Bandung Tertib Administratif, Pasangan Muda Perhatikan Ini Sebelum Menikah

Editor: Reporter: Yanuar Baswata

JabarEkspres.com, SOREANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung buat kerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung.

Diketahui, perjanjian tersebut mengenai ketertiban administrasi, yang dikhususkan untuk para calon pengantin atau pengantin yang baru saja menikah.

“Saya sangat bersyukur atas penandatangan kerjasama yang dilakukan Kemenag Kabupaten Bandung ini,” kata Bupati Bandung, Dadang Supriatna.

Menurutnya, dengan dihadirkan aplikasi Patepang (Pengurusan Surat Pindah), secara otomatis nanti setelah sah menjadi suami istri, maka status di dalam aplikasinya langsung berubah.

“Sehingga nanti, disaat mencetak KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KK (Kartu Keluarga), dan lainnya, ini secara otomatis akan berubah dengan sendirinya,” ujarnya.

Karenannya, orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu berharap, inovasi tersebut bukan sekadar program atau sebatas aplikasi saja, namun kemanfaatan dan kemudahannya dapat dinikmati masyarakat.

Oleh sebab itu, program kolaborasi terkait administratif kependudukan dan status pernikahan, dilakukan untuk meningkatkan pelayanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terhadap masyarakat.

Sementara Kepala Kemenag Kabupaten Bandung, Abdurahim mengucapkan, dengan adanya kerjasama tersebut, pencatatan pernikahan agama Islam dan data kependudukan bisa selaras.

“Yang semula KTP status belum nikah, setelah menikah maka langsung diganti atau otomatis melalui sebuah aplikasi,” ucap Abdurahim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.