Viral di TikTok Video Pengidap Sindrom Tourette, Apa Itu?

Jabarekspres.com – Seorang gadis yang berasal dari Palembang videonya viral di TikTok lantaran ia mengidap sindrom Tourette dan sulit mengendalikan tubuhnya.

Sindrom Tourette yang viral di TikTok ini ialah gangguan yang mempengaruhi otak dan saraf sehingga penderita melakukan gerakan atau ucapan secara berulang tanpa kendali.

Awal mula yang dirasakan oleh pengidap sindrom ini yakni ketika kecemasan yang dideritanya sedang kambuh. Kemudian, ia merasa ada gerakan-gerakan kecil dari beberapa tubuhnya. Dan orang tersebut sulit untuk mengendalikan gerakan tersebut.

“Awalnya saya pribadi punya riwayat kecemasan. Waktu itu anxiety saya kambuh, lalu saya notice ada gerakan-gerakan kecil yang nggak saya niatkan di area mulut,” ucap  akun Tiktok @belva.faristha kepada detikcom, Senin (29/8).

Sindrom Tourette berkaitan dengan kondisi sistem saraf. Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab pasti dari sindrom ini. Namun sejumlah penelitian menunjukkan, ini merupakan kondisi genetik dari orang tua.

Mengutip British Medical Journal, media sosial pun dapat menjadi pemicu sindrom satu ini. Ada beberapa kekhawatiran jika media sosial seperti TikTok yang mempromosikan berbagi video influencer dengan gejala mungkin juga berperan.

Beberapa gadis remaja melaporkan peningkatan konsumsi video tersebut sebelum timbulnya gejala, sementara yang lain telah memposting video dan informasi tentang gerakan dan suara mereka di situs media sosial.

“Ada rasa kepastian.Tapi kemudian Anda bertanya-tanya apakah itu menyediakan kebutuhan psikologis,” lanjut Chowdhury.

“Para ahli dan dokter tahu ada sugestibilitas. Jika saya memiliki pasien di kamar saya dan berkata ‘Apakah Anda memiliki tic di kepala atau leher Anda?’ cepat atau lambat mereka akan tic. Mirip, katanya, dengan godaan yang banyak kita rasakan untuk melontarkan keberatan di pesta pernikahan ketika ditanya menteri apakah ada alasan mengapa kedua orang ini tidak boleh menikah. Jika mereka melihat sesuatu, sangat mudah untuk menyalinnya, ada sugesti itu. Menonton video ini bisa membuat orang menirunya juga,” katanya.

Tinggalkan Balasan