Ini Upaya Pemerintah Lestarikan Kain Batik

Editor:

KOTA TASIKMALAYA – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Barat Atalia Praratya Kamil meresmikan Rumah Belajar Batik Tasikmalaya, Sabtu (20/8).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Barat Atalia Praratya Kamil mengatakan, Rumah Belajar Batik ini didirikan untuk melestarikan warisan nusantara. Dirinya tidak ingin warisan kain nusantara itu hilang begitu saja karena tidak memilik regenarasi. “Oleh karenanya sangat penting menghadirkan generasi-generasi yang mencintai batik dan mampu melestarikannya,” katanya kepada wartawan usai meresmikan Rumah Belajar Batik Sabtu 20 Agustus 2022.

Ia menambahkan, proses perjalanan panjang kerjasama tersebut sangat luar biasa, yang awalnya datang inspirasinya dari meja makan yang dimulai sekitar tahun 2020 awal dan hari ini bisa diresmikan.

“Nampaknya ini menjadi kebanggan Jawa Barat. Pola kerjasama ini sangat baik karena untuk mengembangkan batik ini tidak hanya tugas pemerintah saja, harus ada kerja sama dengan pihak lainnya khususnya bagaimana dalam mensejahterakan masyarkat tetapi dihadirkanya mereka untuk mencintai ,” jelas dia.

Apalagi Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) tersebut sudah malang melintang selama 23 tahun, untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

Rumah belajar tersebut bentuk kolaborasi antara Dekranasda Provinsi Jawa Barat dan di dalamnya di dukung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, Dinas Pariwisata Jawa Barat, YCAB sebagai percontohan bagi rumah belajar lainnya di seluruh Jawa Barat. “Saya terbayang tempat ini banyak yang mengapresiasi, apalagi tempat ini berada di pusat kota, yang memiliki ruang belajar yang sesuai kebutuhan,” kata Atalia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.