Belum Terlambat, Begini Cara Daftar PPPK 2022 Bagi Pelamar Prioritas Dan Pelamar Umum

JABAREKSPRES.COM – Akan dihapusnya tenaga honorer mambuat pendaftar untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) membludak. Namun banyak yang tidak diterima karena tidak sesuai dengan kompetensinya.

Menurut Deputi SDM Aparatur Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Alex Denni, pihaknya fokus pada kompetensi SDM yang dibutuhkan pemerintah, termasuk pada tingkat pelayanan dasar.

“Misalnya tenaga pendidik dan kesehatan.” Ujarnya saat rapat koordinasi pembahasan penyelesaian tenaga non ASN di lingkungan instansi pemerintah.

Karenanya calon pendaftar jarus melihat secara jelas bagaimana syarat dan cara pendaftaran yang benar agar sesuai kompetensi dan diterima.

Berikut cara daftar PPPK 2022 untuk tenaga pendidik. Yang ternyata tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Pendaftaran PPPK 2022 dilakukan secara daring.

Cara daftar PPPK 2022 tertuang dalam Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah.

Bagi calon pelamar yang ingin mengetahui cara daftar PPPK 2022, sebaiknya memahami terlebih dahulu apakah Anda masuk kelompok pelamar prioritas atau pelamar umum.

Pelamar prioritas terbagi tiga, yakni prioritas I, II, dan III.

Pelamar prioritas I adalah guru honorer eks kategori II (THK-II), guru non-ASN, guru lulusan pendidikan profesi guru (PPG), guru swasta yang telah lulus passing grade atau memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK Guru 2021.

Pelamar prioritas II adalah guru honorer eks kategori II atau THK-II.

Pelamar prioritas III adalah merupakan guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan memiliki masa kerja paling rendah 3 tahun.

Sedangkan pelamar umum adalah lulusan PPG yang terdaftar pada database kelulusan PPG di Kemendikbud Ristek dan guru yang terdaftar di data pokok pendidikan (Dapodik).

I. Cara Daftar PPPK 2022 Bagi Pelamar Prioritas

1. Kunjungi situs SSCASN atau klik https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login

2. Login pendaftaran SSCASN

3. Masukkan NIK dan pasword.

4. Lakukan pembaruan data

5. Cetak kartu pendaftaran

II. Cara Daftar PPPK 2022 Bagi Pelamar Umum

1. Kunjungi situs SSCASN atau klik https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login

2. Klik buat akun

3. Masukkan data seperti NIK, tanggal lahir, dan lainnya.

4. Masukkan Captcha, klik lanjutkan

5. Isi bagian data yang kosong

6. Pilih file KTP maksimal 200 KB

7. Klik baiklah jika berhasil

8. Pilih file foto

9. Mengisi dan menjawab pertanyaan

10. Pengecekan ulang data

11. Klik ‘Ya’ jika proses pendaftaran sudah sesuai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.