oleh

Penyebab dan Cara Mengatasi Middle Insomnia, Susah Tertidur Lagi Ketika Terbangun Tengah Malam

JAKARTA  – Semua orang pasti pernah terbangun dari tidurnya, lalu sulit mendapati dirinya kembali terlelap. Menurut dr. Arrum Putri Amalia, mereka yang kerap terbangun di jam tidur malam, dan tidak lagi bisa kembali tertidur, mengalami salah satu bentuk insomnia, yakni middle insomnia.

Middle insomnia sendiri dapat disebabkan oleh kebiasaan orang minum-minuman tertentu, seperti kopi dan miras, selain juga karena paparan sinar biru, seperti akibat penggunaan gadget menjelang tidur.

Baca Juga:  5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari, Simak Yuk!

Dan menurut pendapat ahli, apa bila seseorang terbangun di tengah malam, dan tidak lagi bisa kembali tertidur dalam hitungan 20 menit, maka lakukanlah sesuatu.

Jadi selain menghindari berlama-lama berbaring di tempat tidur, maka bangunlah dan lakukan hal lain seperti sesuatu yang bisa membuat Anda rileks.

“Membaca dengan lampu yang redup, melakukan meditasi, hingga menarik napas dalam-dalam,” kata pakar tidur Kuljeet Gill, MD, seperti dikutip FIN dari Men’s Health.

Selain itu, ketika Anda terbangun di malam hari, cobalah untuk tidak harus melihat jam berapa malam itu Anda terbangun.

Baca Juga:  5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari, Simak Yuk!

Mengapa demikian, karena menurut pakar tidur lain, Alcibiades J. Rodriguez, MD, FAASM, melihat alat penunjuk waktu saat Anda terbangun di tengah malam, dapat meningkatkan rasa kekhawatiran.

Ketika hal itu terjadi, kondisi ini hanya akan membuat Anda lebih lama melek, dan sulit kembali tertidur.

Kapan Anda Harus Kembali ke Tempat Tidur

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.