Etika Resign dari Pekerjaan, Tak Bisa Asal-asalan!

Jabarekspres.com- Resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan karena suatu hal seperti akan menikah, pindah tempat tinggal, atau sebagainya mungkin pernah dialami beberapa orang. Tetapi taukah kamu ada beberapa etika resign pekerjaaan? berikut penjelasannya.

Ketika kamu sudah bulat untuk resign dari pekerjaanmu saat ini, entah apapun alasannya. Kamu tidak bisa semena-mena untuk langsung keluar begitu saja.

Harus ada alasan yang rasional mengapa kamu ingin resign dari pekerjaan mu saat ini. hal ini dilakukan agar proses resign dapat dikabulkan segera.

Tak hanya mempersiapkan alasannya saja, kamu juga perlu mengetahui etika yang baik sebelum kamu keluar atau resign dari pekerjaanmu saat ini.

Etika resign sangatlah penting, agar hubungan kamu dengan perusahaan tetap berjalan dengan baik. Lantas apa saja etika ketika kita memtuskan akan resign? Berikut penjelasannya.

  1. Beri tahu terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum kamu ingin risign

Jangan sampai kamu memberitahu atau memberikan surat pengunduran diri secara mendadak.

Alangkah baiknya jika kamu sudah membulatkan tekad ingin keluar dari pekerjaanmu maka berikanlah surat pengunduran diri pada 1 atau 2 bulan sebelumnya.

Naman setiap perusahaan memiliki aturannya tersendiri, jadi ikutilah aturan yang sudah dibuat oleh perusahaan tersebut.

  1. Pamit dengan sopan

Jika surat pengunduran dirimu sudah di setujui oleh pihak perusahaan maka pamitlah dengan rekan kerja, atasan, atau kelompok kerjamu terlebih dahulu.

Jika kamu berhubungan dengan pihak luar maka alangkah baiknya berpamitannlah, agar pihak luar mengetahui bahwa kamu sudah keluar dan sudah ada yang menggantikan pekerjaanmu.

  1. Jalin hubungan baik dengan rekan kerja dan atasamu

Tetaplah jalin hubungan baik dengan rekan dan atasan kerja kamu ketika kamu sudah resign.

Bukan berarti ketika kamu sudah memutuskan resign, kamu memutuskan hubungan dengan mereka.

Siapa tahu suatu saat kamu akan membetuhkan bantuan mereka seperti bekerjasama atau mungkin nanti kamu akan memutuskan untuk kembali lagi ke perusahaan tersebut.

  1. kembalikan inventaris kantor

jika pekerjaan kamu sebelumnya memberikan fasilitas untuk menunjang pekerjaanmu misalkan laptop, kendaraan, dan sebagainya kembalikanlah ddahulu seluruh inventaris kantor dengan baik.

Tinggalkan Balasan