Waspada Musim Pancaroba, Mari Kenali dan Cegah Penyakit

  • Sakit Kepala

Di lansir dari hallo sehat, terjadinya sakit kepala atau migraine di akibatkan oleh turunnya tekanan udara, kenaikan tajam kelembaban udara, atau turunnya suhu udara secara tiba-tiba. Selain itu, cuaca dingin yang ekstrim atau terik matahari yang begitu panas pun dapat memicu ketidakstabilan komponen kimiawi dalam otak.

  • Batuk Pilek

Penyakit yang lebih umum muncul di musim pancaroba ialah batuk pilek. Virus influenza dan rhinovirus lebih cepat berkembang di musim ini. Penyebarannya pun lebih cepat karena perubahan cuaca dingin ke hangat membuat orang-orang keluar rumah dan bertemu dengan orang banyak. Batuk pilek sebagaimana di lansir dari hallo sehat, di tandai dengan terganggunya saluran pernafasan (hidung). Selain itu di tandai dengan bersin-bersin, meriang hingga demam. Cara tepat untuk mencegahnya yakni menggunakan masker ketika keluar rumah. Atau dapat juga berdiam di rumah.

  • Demam Berdarah

Di musim penghujan yang tinggi, akan menarik perhatian nyamuk untuk berkembang biak terutama dalam genangan air yang masuk ke setiap tempat. Nyamuk Aedes pun akan lebih sering muncul sehingga mampu menular dengan menggigit manusia. Demam berdarah ini yang perlu di waspadai. Cara pencegahannya cukup dengan membuang genangan air di setiap tempat yang berpotensi genangan air. Tak lupa, pakai lotion anti nyamuk untuk mencegah diri dari gigitan nyamuk.

Bagaimana cara mencegah penyakit sebelum terinfeksi?

Caranya yaitu pertama, membawa jaket dan jas hujan sebagai perlindungan dari cuaca hujan dan dingin yang ekstrim. Kedua, penuhi asupan gizi seimbang, menjaga pola makan tetap teratur dan jangan lupa makan sayur. Ketiga, konsumsi suplemen penguat tubuh, seperti vitamin C untuk kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh. Keempat, hindari untuk selalu keluar rumah ketika cuaca sedang tidak baik-baik saja. Kelima, gunakan masker jika di rasa tubuh sedang tidak baik untuk mencegah penularan atau tertular.

Keenam, pastikan kebersihan makanan dan minuman terjaga, cuci tangan sebelum makan. Ketujuh, perbanyak konsumsi air putih dan lakukan secara rutin. Kedelapan, pastikan kebersihan lingkungan pun terjaga. Kesembilan, menjaga pola tidur lebih teratur. Kesepuluh, periksakan ke dokter bila ada keluhan yang serius.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan