Haruskah Istri Mengetahui Jumlah Gaji Suami? Ini Jawaban Buya Yahya

Jabarekspres.com – Sebagai kepala rumah tangga seorang suami wajib memberikan nafkah kepada istri dari gaji yang didapatkan selama bekerja, lalu haruskah sang istri mengetahui jumlah gaji suaminya?

Sebagian orang berpendapat bahwa seorang istri wajib mengetahui jumlah gaji suaminya, karena pada akhirnya memang pihak istri lah yang mengatur keuangan rumah tangga.

Jadi, haruskah istri mengetahui jumlah dari gaji suaminya? Dilansir oleh Jabar Ekspres dari tayangan YouTube Buya Yahya pada Sabtu 26 Februari 2022, ini jawabannya.

Buya Yahya menerangkan, seorang istri sebetulnya tidak perlu mengetahui jumlah gaji suaminya, sebab hal itu bisa menyebabkan masalah di kemudian hari.

“Yang pertama istri tidak perlu jauh lebih jauh mengetahui itu semuanya, dan itu termasuk aib kekurangan, itu akan bermasalah di hati sang istri kalau seorang istri pengen tau gaji suaminya,” kata Buya Yahya.

Menurut pendapat Buya Yahya, mungkin bisa saja tanggungan seorang suami bukan hanya istri dan anak-anaknya saja.

Dengan demikian, istri tidak perlu mengetahui jumlah gaji suaminya, namun yang paling penting adalah suami tetap memberikan nafkah kepadanya.

“Karena apa? suami itu punya tanggung jawab besar, mungkin iparnya, mungkin ibunya, mungkin ayahnya, mungkin sebagainya. Kalau seorang istri yang terpenting adalah bagaimana aku dicukupi,” sambungnya.

Apabila istri mengetahui gaji suami maka bisa menimbulkan sikap tamak, bahkan mungkin akan terjerumus kepada hal yang tidak penting misalnya kredit barang tertentu.

“Karena apa? itu yang mengajarkan tamak nanti, akhirnya betul tadi, jadi jago kredit nanti, karena suami itu punya tanggung jawab besar,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Buya Yahya mengingatkan para istri untuk intropeksi diri bila ada suami menyembunyikan jumlah gaji dari dirinya, karena mungkin itu akibat dari perilaku istri yang membuat suaminya menjadi tidak percaya.

“Kalau sampai ada seorang suami, menyembunyikan gajinya kepada istri, pasti istrinya bermasalah, yaitu tadi jago kredit tadi, sehingga dia engga pengen diketahui, makannya jadi istri yang solehah, suami yang soleh,” tambahnya. (red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan