Bupati Bandung Tinjau Patahan Ruas Jalan yang Menghubungkan Kabupaten Bandung dan Cianjur

RANCABALI – Bupati Bandung Dadang Supriatna memantau kondisi patahan atau retakan infrastruktur jalan di bagian akses atau ruas jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur di Desa Cipelah Kecamatan Rancabali Kabipaten Bandung, Sabtu (5/3) kemarin.

Saat memantau, Bupati Bandung didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bandung Zeis Zultaqawa.

Dadang mengatakan, bahwa di perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur, akan dibangun gapura selamat datang di Kabupaten Bandung.

“Nanti Pak Kadis PUTR Kabupaten Bandung Zeis akan membuat desain dulu, nanti kita akan agendakan dan rencanakan di anggaran APBD Perubahan. Dengan harapan batas antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur ada ciri,” kata Dadang saat di wawancara.

Di lokasi patahan, lanjut Dadang, akan dilakukan tes atau uji melalui penggunaan alat geolistrik, pada Selasa 8 Maret 2022 kepan depan. Setelah menemukan solusinya, kata Dadang, maka harus ada pemindahan akses jalan, maka akan dilakukan.

“Hal itu untuk mengetahui patahannya di mana dan nanti akan cari alternatif untuk jalan tembusnya. Karena, harus ada pemindahan akses jalan,” ungkap Dadang.

Kang DS, panggilan akrab Bupati Bandung mengungkapkan, setelah ada kajian dan analisa, baru bisa memutuskan untuk melakukan langkah-langkah ke depan. Supaya nantinya tidak cape dua kali dalam pengerjaannya.

“Dalam pengerjannya bisa dengan pentahelik, bisa juga dengan APBD,” ujarnya.

Kang DS menyarankan kepada kepala desa setempat, melalui program pentahelik dapat memperlebar akses jalan tersebut, antara 1-2 meter. Minimal akses jalan itu 8 meter, supaya bisa tembus ke Cianjur.

“Melalui pentahelik ini akan terwujud, jika masyarakat menghibahkan lahannya,” ujarnya.

Kang DS pun merasa yakin Desa Cipelah bisa berkembang, dan mohon ke desa-desa lainnya untuk kerjasamanya. “Dengan harapan akses jalan Kabupaten Bandung menuju Cianjur ini, bisa dilalui para wisatawan,” harapnya.

Ia pun menilai, di Desa Cipelah ada Obyek Wisata Curug Tilu, yang dinilai representatif dan menawarkan keindahan alam. Obyek wisata itu merupakan air terjun pada ketinggian puluhan meter dan terdapat di beberapa lokasi tebing perbukitan yang bisa dilihat dari jarak jauh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan