DPUPR Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Buruk

DEPOKDinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap cuaca tidak menentu yang terjadi di Kota Depok selama beberapa hari terakhir.

Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan Depok saat ini sedang dalam kondisi cuaca kurang stabil sehingga berpotensi terjadi bencana, baik banjir maupun longsor.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada warga agar lebih waspada baik itu saat sedang berada di luar rumah atau sedang beraktivitas maupun sedang berada di rumah.

“Kepada seluruh masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap cuaca yang tidak menentu. Terutama, potensi keretakan tanah yang bisa menyebabkan longsor,” ungkap Citra, Selasa (22/2).

Ia juga mengatakan kalau saat ini petugas dari DPUPR Kota Depok sedang melakukan penangangan terhada[ turap yang jebol akibat derasnya aliran air kala hujan.

Terbaru, kata dia, pihaknya menerjunkan sebanyak satu regu Satuan Tugas (Satgas) untuk menangani longsor turap di Perumahan Puri Sriwedari Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis.

“Longsor terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi, sehingga kali tidak mampu menampung debit air dan membuat rongga pada turap,” kata dia.

Lebih lanjut, Citra mengatakan, personel Satgas yang dikerahkan berjumlah sepuluh orang untuk mengangkat material yang jatuh ke dalam kali.

“Kami langsung turunkan satu regu Satgas yang terdiri dari 10 personel ketika mendapat laporan warga. Penanganan dilakukan dengan pengangkatan material longsor,” tandasnya.

Di samping itu, ia menambahkan, turap yang longsor memiliki panjang 20 meter dengan ketinggian 120 cm. Untuk penanganan lebih lanjut, tutur Citra, akan dilakukan di hari berikutnya.

“Pekerjaan ini menggunakan anggaran pemeliharaan. Tidak ada target, yang penting harus selesai,” tutupnya. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan